IKLAN YARA

Parah, Kasus Kriminalitas di Singapura Kian Meningkat

oleh -51.489 views
Kriminalitas
UPDATE CORONA

Singapura I Realitas – Kasus kriminalitas di Singapura meningkat pada paruh pertama tahun 2021 ini.

Sebanyak 19.444 kasus dilaporkan atau melonjak 11,2 persen dari tahun sebelumnya. Peningkatan ini sebagian besar didorong oleh kasus penipuan yang meningkat di tengah pandemi Covid-19, menurut Kepolisian Singapura (SPF), Senin (30/8/2021).

Dalam rilis berita pada hari Senin, SPF mengatakan, kasus tersebut naik 16 persen menjadi 8.403 antara Januari dan Juni, dibandingkan dengan 7.247 pada periode yang sama tahun lalu.

Angka dari polisi menunjukkan bahwa jumlah total yang ditipu untuk 10 jenis penipuan teratas lebih dari dua kali lipat menjadi S$ 168 juta pada paruh pertama tahun 2021, dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar US$ 63,5 juta.

Secara khusus, penipuan pinjaman, penipuan e-commerce, penipuan investasi, dan penipuan pekerjaan menjadi “perhatian”, karena mereka merupakan 54,8 persen dari 10 jenis penipuan teratas yang dilaporkan.

Jumlah total kasus yang dilaporkan untuk empat jenis penipuan ini naik 34,9 persen, kata polisi.

“Penipu terus mengembangkan taktik mereka dan memanfaatkan situasi Covid-19 untuk memangsa kerentanan dan rasa ketidakpastian yang meningkat dari para korban,” tambah polisi.

Sementara itu, kejahatan fisik turun lebih dari 400 kasus di dua kategori besar, perampokan rumah, pencurian dan kejahatan terkait.

Polisi mengatakan jumlah kasus perampokan, dan pencurian yang dilaporkan pada semester pertama tahun ini adalah yang terendah dalam 10 tahun, dengan hanya 75 kasus.

Sumber: channelnewsasia