IKLAN YARA

Nasib KBRI-WNI Pasca Penaklukan Afghanistan Oleh Taliban

oleh -82.489 views
Nasib KBRI-WNI Pasca Penaklukkan Afghanistan Oleh Taliban
UPDATE CORONA

Jakarta I RealitasTaliban berhasil menduduki ibu kota Afghanistan. Kementerian Luar Negeri (Kemlu) mengatakan kondisi Kedutaan Besar RI (KBRI) di Kabul dan warga negara Indonesia (WNI) saat ini dalam keadaan baik.

“KBRI dalam kondisi baik demikian juga WNI kita,” kata Juru Bicara Kemlu, Teuku Faizasyah kepada wartawan, Senin (16/8/2021).

Namun demikian, Faizasyah mengatakan KBRI tetap menyiapkan rencana untuk mengantisipasi perkembangan politik. Saat ini berbagai perencanaan terus dilakukan.

BACA JUGA :   Bawa 48,36 Kilogram Bahan Peledak, Nelayan Ditangkap di Tengah Laut

“Kontijensi plan disiapkan semua perwakilan RI di luar negeri berdasarkan peraturan untuk mengantisipasi perkembangan politik yang dramatis atau suatu bencana. Jadi perencanaan ada dilakukan,” jelasnya.

Untuk diketahui Taliban mengambil alih Ibu Kota Afghanistan, Kabul. Taliban telah menguasai Istana Kepresidenan setelah Presiden Ashraf Ghani melarikan diri ke Tajikistan.

BACA JUGA :   Polres Aceh Timur Amankan Dua Pelaku Bawa Satu Karung Ganja

Tiga sumber senior Taliban mengatakan kepada AFP bahwa gerilyawan telah menguasai istana presiden.

“Taliban telah memasuki istana presiden,” kata seorang komandan senior Taliban.

“Para mujahidin telah memasuki istana presiden dan telah menguasainya,” kata seorang komandan kedua. Dia menambahkan bahwa sebuah pertemuan tentang keamanan di Ibu Kota sedang berlangsung di sana.

Presiden Afghanistan Ashraf Ghani mengatakan Taliban telah menang karena berhasil menduduki Kantor Kepresidenan. Ghani mengatakan Taliban bertanggung jawab penuh terhadap apa yang mereka lakukan.

BACA JUGA :   Mahasiswa Cilegon Apresiasi Polri Dalam Cegah Penyebaran Covid-19

“Taliban telah menang dengan penghakiman pedang dan senjata mereka, dan sekarang bertanggung jawab atas kehormatan, properti, dan pertahanan diri warga negara mereka,” kata Ghani dalam sebuah pernyataan yang diposting ke Facebook, seperti dilansir AFP, Minggu (16/8). (*)

Source:Dtc