IKLAN YARA

Jika Dibiarkan Jembatan Sei Jayau Tumbang Samba Akan Roboh

oleh -161.489 views
Jika Dibiarkan Jembatan Sei Jayau Tumbang Samba Akan Roboh
UPDATE CORONA

Katingan | Realitas – Kondisi jembatan Sei Jayau, yang berlokasi di ruas jalan lintas Tumbang Hiran – Tumbang Samba, tepatnya di Km 1,3 Kec. Katingan Tengah, Kab. Katingan, Prov. Kalteng rusak parah dan sangat memprihatinkan.

Jika dibiarkan kerusakannya makin serius dan tidak menutup kemungkinan jembatan itu akan roboh, pertanyaannya siapakah yang bertanggung jawab?

Informasi yang berhasil diperoleh wartawan ini bahwa Jembatan tersebut dikerjakan oleh penyedia jasa PT. Karya Bersaudara dengan pagu anggaran Rp9.183.090.000,00 (Sembilan miliar seratus delapan puluh tiga juta sembilan puluh ribu rupiah) yang bersumber dari dana APBN tahun anggaran 2019.

BACA JUGA :   Yasonna Serahkan Sembilan Kekayaan Intelektual ke Korpolairud Polri

Diketahui bahwa proyek ini dari Satuan Kerja (Satker), Pelaksanaan Jalan Nasional pada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Wilayah II Provinsi Kalimantan Tengah.

Jika Dibiarkan Jembatan Sei Jayau Tumbang Samba Akan Roboh

Menurut Syahrian D Tudang dari Lembaga KPK Tipikor,”Kondisi jembatan itu jika dibiarkan tanpa adanya perbaikan, maka kerusakannya makin serius dan akan bertambah parah, tidak menutup kemungkinan akan roboh,” ujarnya.

“Karena saya lihat fisik jembatan itu sudah mengalami penurunan, banyak terlihat keretakan dan ada beberapa baut yang rusak /bengkok,” ucapnya.

“Kalau saya amati faktor penyebab kerusakan itu karena gerusan air yang kuat saat turun hujan menerjang fisik jembatan dan body jalan seputaran jembatan ini, saya duga bahwa kondisi alam diwilayah itu yang sering hujan dan banjir kurang dicermati oleh bagian perencanaan,” papar Rian.

“Intinya Saya menduga Tim tekhnis perencanaan pembangunan jalan dan jembatan itu kurang cermat membaca kemungkinan faktor alam yang akan terjadi sebelum jembatan itu dibangun,” ungkapnya.

BACA JUGA :   AKBRI 90, Kapolres Terobos Daerah Trisolir Untuk Vaksinasi Dor to Dor

“Kami minta pihak terkait agar segera turun melihat kondisi fisik jembatan sebagaimana yang diberitakan untuk segera dilakukan langkah-langkah antisipasi guna menghindari hal yang lebih parah mengakibatkan kerugian negara dan terhambatnya lalulintas jalan,” jelasnya.

“Kami sering melihat aktivitas angkutan yang melintasi jalan dan jembatan tersebut yang bermuatan melebihi tonase, seperti truk puso yang bermuatan kayu log/gelondongan dari PT Seam menuju arah Banjarmasin,” pungkasnya. (Misnato)