IKLAN YARA

Jaringan Listrik Desa Pelakat Diresmikan Guebernur Sumsel

oleh -90.489 views
Jaringan Listrik Desa Pelakat Diresmikan Guebernur Sumsel
UPDATE CORONA

Muara Enim I Realitas – Guebernur sumatera selatan, Herman Deru resmikan listrik PLN (Persero) untuk 7 desa, diantaranya 3 desa di kecamatan semende darat ulu (SDU) Kabuparen Muara Enim, Sumatera Selatan, ditandai dengan penekanan tombol, kemudian dilanjutkan melakukan panen kopi, ini merupakan wujud nyata kesungguhan pemerintah dalam mewujudkan energi yang berkeadilan, dengan didampingi Pj. Bupati Muara Enim, DR. H. Nasrun Umar, SH, MM, serta menyerahkan bantuan sosial kepada masyarakat yang terdampak covid-19.

Hadir dalam acara tersebut sejumlah kepala dinas provinsi sumatera selatan, Pj. Bupati, Forkopimda Muara Enim, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Staf Ahli, Kepala OPD dan Camat SDU, DT dan SDL, Kapolsek, Danramil Semendo, seluruh Kepala Desa Semendo dan instansi terkait lainnya, Selasa, 27 Juli 2021.

Dalam sambutan Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru mengatakan bahwa dengan sumatera selatan merupakan lumbung energi, kalau masih ada desa yang belum memiliki jaringan listrik, sangat miris sekali, apalagi disaat pandemi covid-19 karena anak kita belajar secara daring dan butuh listrik untuk membuka internet yang menggunakan tenaga listrik, bukan itu saja, kita juga butuh informasi untuk menyerap mengetahuan melalui media elektronik, diharapkan dengan diresmikan listrik desa pelakat ini, masyarakat bisa akan lebih maju lagi, dengan listrik ini juga dapat menambah penghasilan, bisa mengembangkan usaha dan menambah penghasilan, kemudian tumbuh kembangnya inovasi baru, ini merupakan bentuk kesungguhan pemerintah terhadap masyarakat sehingga dengan masuknya listrik dapat meningkatkan tarap hidupnya.

BACA JUGA :   Mantan Teller Bank BRI Bobol Rekening Nasabah Hingga Miliyaran Rupiah

Selain resmikan jaringan listrik PT. PLN (Persero), juga melakukan panen kopi yang ranum, yang sudah merah, dikatakannya kita harus dapat bersaing dengan komoditas lainnya, terus meningkatkan produksi kopi, bukan saja meningkatkan kwantitas, tapi juga kwalitasnya juga harus dijaga, agar nilai jualnya bisa bersaing dan harganya terap tinggi dipasaran, baik berupa biji yang sudah kering, ataupun biji kopi yang sudah dikongseng, maupun siap saji.

Kemudian lanjutnya, untuk menjaga kwalitas kopi yang baik, pengolahan kopi harus sesuai dengan cara penjemuran atau pengeringan, sehingga kopi semende tetap berkwalitas, apalagi kalau menjemurnya dijalan raya, maka kwalitas kopi kurang bagus, mengakhiri sambutannya, deru ucapkan terima kasih kepada PT. PLN yang sudah mempermudah prosesnya, sehingga hari ini dapat kita resmikan pemakaiannya, juga desa yang belum dialiri listrik PT. PLN, agar berusaha untuk dapat dialiri listrik, sehingga tidak ada lagi desa yang belum dialiri listrik, ucapnya.

BACA JUGA :   Hadiri Peletakan Batu Pertama Islamic Center PERSIS, Kapolri Yakin Hasilkan SDM Berkualitas

Sementara Pj. Bupati Muara Enim, H. Nasrun Umar atau HNU menyampaikan ucapan terimakasih pada Gubernur Sumatera Selatan, yang sudah hadir untuk meresmikan pemakaian jaringan listrik PLN di kecamatan sdu untuk 3 desa, dan juga masih ada desa yang belum teraliri listrik PLN di semende ini, mudah-mudahan sebentar lagi desa yang belum teraliri listrik PLN, akan segera dipasang, kepada pihak PLN tidak mempersulit dalam pemasangan jaringan listrik, sehingga masyarakat dapat menikmatinya dan juga dalat menambah penghasilan dengan teraliri jaringan listrik PLN ini, dan saat ini sudah mencapai 90 % lebih desa yang sudah dialiri listrik PLN.

Lanjutnya, untuk komoditas kopi semende ini, agar terus ditingkatkan lagi produksinya, bukan hanya kwantitasnya, tapi juga kwalitas tetap dijaga dan ditingkatkan, agar orang menikmat kopi semende menjadi pilihan bagi seleranya, dengan cara mengolah kopi yang baik, dengan tidak menjemur kopi ditengah jalan raya, agar hasilnya lebih baik, sehingga kopi semende dapat bersaing dipangsa pasar, bukan saja dikabupaten atau provinsi, tapi kemasan kopi harus benar-benar diperhatikan agar lebih menarik si pembeli, pungkasnya.

Kepala Desa Pelakat SDU, Kohapah mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Sumsel yang telah meresmikan jaringan listrik PLN, dan terima kasih juga kepada pihak PLN yang telah mempermudah prosesnya, semoga dengan listrik masuk di desa kami akan bermanfaat dan bisa menambah penghasilan, disamping juga lebih maju lagi, harapan kami agar desa tetangga yang masih dialiri listri PLN, walaupun selama ini sudah ada listrik dari PLTA yang menggunakan air dari irigasi, tapi masih belum memadai untuk penggunan lainnya seperti untuk usaha dan lain sebagainya, tuturnya. (Umar)