IKLAN YARA

Banjir-Longsor Tewaskan 20 Orang Termasuk 6 Rohingya di Bangladesh

oleh -94.489 views
UPDATE CORONA

Dhaka I Realitas – Banjir dan tanah longsor yang dipicu musim penghujan di Bangladesh telah memutuskan akses untuk lebih dari 300.000 warga.

Sedikitnya 20 orang tewas, termasuk enam pengungsi Rohingya, akibat banjir dan longsor tersebut.

Wilayah sepanjang perbatasan Bangladesh dan Myanmar yang menjadi lokasi kamp-kamp pengungsian yang ditinggali nyaris 1 juta warga Rohingya, dilanda hujan deras sejak Senin (26/7) waktu setempat.

BACA JUGA :   Heboh Penemuan Benda Berusia 5.000 Tahun dalam Perut Buaya

“Banjir membuat sekitar 306.000 orang terjebak di distrik Cox’s Bazar. Sedikitnya 70 desa terendam banjir,” tutur seorang pejabat distrik setempat, Mamunur Rashid, kepada AFP.

“Sedikitnya 20 orang tewas akibat banjir dan tanah longsor, termasuk enam pengungsi Rohingya,” ujarnya.

BACA JUGA :   Warkop di Pidie Terbakar, Satu Sepmor Ikut Hangus

Disebutkan juga bahwa sekitar 36.000 orang lainnya dievakuasi ke sekolah-sekolah dan pusat penampungan siklon setempat.

“Banyak rumah terendam banjir. Ribuan orang tidak bisa keluar selama tiga hari terakhir. Jalanan semuanya terputus,” tutur seorang pejabat lokal di wilayah terpencil Jhilwanja Union, Tipu Sultan, kepada wartawan melalui telepon.

BACA JUGA :   Pesawat Rimbun Air Cargo Seri Twin Otter 300 Hilang Kontak di Intan Jaya

Awal pekan ini, otoritas Bangladesh mengevakuasi 10.000 pengungsi Rohingya dari sekitar kamp-kamp di Cox’s Bazar karena badai menerjang.

Sejumlah relawan kemanusiaan menuturkan bahwa lockdown virus Corona (COVID-19) di kamp-kamp Rohingya, usai tercatat lonjakan kasus, telah berdampak pada upaya penyelamatan karena aksesnya terbatas. (*)

Sumber: (Dtc)