Utang RI Tembus Rp 6.500 T, BPK Khawatir Pemerintah Nggak Bisa Bayar

oleh -86.489 views
Utang
Ilustrasi

IDUL FITRI

MEDIAREALITAS.COM – Utang RI terus bertambah dari waktu-waktu. Kini, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) khawatir pemerintah tidak bisa lagi membayar utang tersebut.

Dari catatan detikcom, per April 2021 saja Kementerian Keuangan telah mencatat utang pemerintah mencapai Rp 6.527,29 triliun atau 41,18% terhadap PDB.

BPK menilai utang pemerintah yang terus bertambah biaya bunganya telah melampaui pertumbuhan PDB. Hal itu diungkapkan BPK dalam Laporan Hasil Pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LHP) LKPP 2020. Ke depannya kemampuan pemerintah untuk membayar utang disebut makin menurun.

BACA JUGA :   Gelar FGD, Polri Paparkan Prinsip Pemolisian Di Tengah Pandemi Covid-19

“Tren penambahan utang pemerintah dan biaya bunga melampaui pertumbuhan PDB dan penerimaan negara yang memunculkan kekhawatiran terhadap penurunan kemampuan pemerintah untuk membayar,” tulis BPK dalam ringkasan eksekutif LHP LKPP 2020, dikutip detikcom, Rabu (23/6/2020).

BACA JUGA :   Gubri Riau dan Walikota Tinjau Posko PPKM Hingga Ruang Pelayanan

Kekhawatiran BPK bukan tanpa alasan. Saat ini, BPK menilai rasio utang Indonesia terhadap penerimaan sudah tembus 369%. Jumlah itu jauh di atas rekomendasi International Debt Relief (IDR).

UPDATE CORONA