Sinergitas Lapas Gagarut Dengan Dinas Damkar, Tentang Penanggulanan Kebakaran

oleh -113.489 views
Kebakaran

IDUL FITRI

Garut I Realitas – Kebakaran adalah suatu kejadian diakibatkan adanya percikan api, yang tidak tidak dapat dikendalikan dan menimbulkan kerugian.

Di lingkungan Lapas/Rutan hal ini bisa saja terjadi, karena adanya korsleting listrik, tabung gas maupun adanya huru-hara.

Dalam rangka pencegahan dan penanggulangan terhadap gangguan tersebut, petugas Lapas Garut diberikan bekal pelatihan sekaligus simulasi penanganan kebakaran, bekerja sama dengan Dinas Pemadam Kebakaran Kabuapten Garut, Rabu (16/06/2021).

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas Damkar Kab. Garut (Firman Karyadin) didampingi Kalapas (RM. Kristyo Nugroho) dan pejabat struktural.

Adapun jenis pelatihan yang diberikan berupa teknik pemadaman api dalam skala kecil maupun besar secara baik dan benar, serta penggunaan Alat Pemadam Kebakaran Ringan (APAR) tanpa membahayakan keselamatan jiwa.

Selain itu juga dilakukan penandatanganan nota kesepahaman bersama (MOU), antara Pihak Lapas Garut dengan Dinas Damkar Kab. Garut.

Dalam sambutannya Kalapas menyampaikan, “Semoga dengan adanya kegiatan ini, terjalin sinergitas dan koordinasi yang baik antara Lapas dengan Damkar.

Sekaligus latihan simulasi ini, dapat menjadi bekal ilmu bagi petugas pengamanan dalam pelaksanaan tugasnya. Paling tidak sebagai langkah awal penanganan bila terjadi kebakaran, agar api tidak membesar”.

Kepala Dinas Damkar dalam sambutannya menyampaikan, “Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Kalapas beserta jajaran yang sudah mengundang kami dalam kegiatan ini.

Semoga dengan adanya kegiatan pelatihan dan simulasi¬† ini bisa menjadi bekal ilmu tambahan dalam kehidupan sehari-hari, terutama tentang pencegahan dan penanggulangan kebakaran”. (Deddy Karim)

UPDATE CORONA