Marasalim Harahap Ditembak OTK, Wartawan Medan Utara Gelar Aksi Damai

oleh -109.489 views
Wartawan Medan

IDUL FITRI

Belawan I Realitas – Wartawan Medan Utara Gelar aksi damai sebagai bentuk dukungan dan solidaritas atas tewasnya Marasalim Harahap wartawan Siantar – Simalungun yang ditembak oleh Orang Tak Dikenal (OTK) pada Rabu, (23/06/2021) pukul 10.00 Wib di Jalan Pelabuhan Raya 2, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan.

Aksi damai diikuti oleh puluhan wartawan yang mewakili berbagai elemen wartawan diwilayah Medan Utara dan membawa sejumlah poster bertuliskan mengecam tindakan kriminalisasi terhadap wartawan.

Adapun tuntutan wartawan adalah :

Marasalim Harahap Ditembak OTK, Wartawan Medan Utara Gelar Aksi Damai

1. Mengutuk keras terhadap aksi kekerasan penembakan yang dialami Marasalim Harahap, dimana aksi kekerasan yang menghilangkan nyawa itu merupakan tindakan yang tidak berprikemanusiaan dan melawan hukum.

2. Mendesak Polisi Republik Indonesia khususnya Polda Sumatera Utara untuk segera mengusut tuntas kasus tersebut dan membawa pelaku serta yang terlibat ke meja hijau, hukum harus ditegakkan tanpa terkecuali.

3. Meminta Kapolda Sumatera Utara bersikap teransparan dalam perkara pembunuhan rekan kami Marasalim Harahap, agar tidak terjadi simpang siur informasi.

4. Mendukung pihak Kepolisian untuk mengusut tuntas pelaku tindak kekerasan terhadap rekan kami Marasalim Harahap.

Marasalim Harahap Ditembak OTK, Wartawan Medan Utara Gelar Aksi Damai

5. Meminta pihak Kepolisian Sumatera Utara khususnya Polres Pelabuhan Belawan meningkatkan rasa nyaman dan aman terhadap wartawan Medan Utara dalam menjalankan tugasnya wilayah hukum Polres Pelabuhan Belawan.

Wakil Ketua Medan Utara Pers (MUP) – Erwin Librandi Tambunan ketika dikonfirmasi mengatakan, wartawan bukanlah barang mainan dan tugas wartawan sangat mulia.

“Aksi ini bertujuan untuk menolak tindakan kriminilisasi terhadap wartawan dan perlu disadari tugas serta kedudukan wartawan tertuang pada pilar ke 4 (empat) dalam pemerintahan”, ucap Erwin Librandi Tambunan.

Setelah melaksanakan aksi dan orasi puluhan wartawan lalu membubarkan diri dengan tertib, aksi berjalan aman dan mengikuti protokol kesehatan (prokes) sesuai himbauan pemerintah serta mendapat pengawalan dari Polres Pelabuhan Belawan beserta Polsek Belawan. (Win)

UPDATE CORONA