Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila secara virtual, Lapas Muara Enim Memakai Baju Adat

oleh -80.489 views
Gelar Upacara

IDUL FITRI

Muara Enim I Realitas – Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila secara virtual, Lapas Muara Enim Memakai Baju Adat.

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang di pimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo di ikuti Kalapas Muara Enim Herdianto beserta Jajaran secara Virtual, Selasa (02/05/2022).

REALITAS TV

Upacara yang digelar di halaman Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat tersebut diikuti oleh seluruh Stake Holder dan Komponen Masyarakat melalui siaran TV, kanal Youtube dan media elektronik lainnya.

Dalam amanatnya, Presiden Jokowi mengatakan, peringatan hari lahir Pancasila harus benar-benar kita manfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Walaupun Pancasila telah menyatu dalam kehidupan kita sepanjang Republik Indonesia ini berdiri, namun tantangan yang dihadapi Pancasila tidaklah semakin ringan.

“Globalisasi dan interaksi antar belahan dunia tidak serta merta meningkatkan kesamaan pandangan dan kebersamaan, yang harus kita waspadai adalah meningkatnya rivalitas dan kompetisi, termasuk rivalitas antar pandangan dan ideologi transnasional cenderung yang semakin meningkat,” jelas Jokowi.

Kontestasi ideologi revolusi industri 4.0 telah menyediakan berbagai kemudahan dalam berdialog, berinteraksi dan berorganisasi.

Dalam skala besar negara ketika konektivitas 5G melanda dunia maka interaksi antar dunia juga akan semakin mudah dan cepat dan ini bisa digunakan oleh ideologi ideologi transnasional radikal untuk merambah ke seluruh pelosok Indonesia ke seluruh kalangan.

“Saudara sebangsa dan setanah air, menghadapi semua ini, perluasan dan pendalaman nilai-nilai Pancasila tidak bisa dilakukan dengan cara-cara biasa diperlukan hal baru yang luar biasa yaitu dengan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama revolusi industri 4.0 dan Pancasila harus menjadi Pondasi dalam mengembangkan Ilmu Pengetahuan,” lanjut Presiden RI Jokowi.

Jokowi mengajak kepada seluruh Rakyat Indonesia untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai pancasila dalam mewujudkan Indonesia Maju.

Kalapas Muara Enim Herdianto menuturkan dengan mengenakan Baju Adat Daerah merupakan Representasi dari pada Kebhinekaan bangsa Indonesia namun tetap satu, hal itu merupakan sebagai suatu kekuatan tersendiri bagi bangsa Indonesia.

“Sebagaimana amanat bapak presiden, maka sudah seyogyanya kita bergotong-royong untuk terus melahirkan prestasi untuk kemajuan bangsa dan negara,” ungkap Herdianto. (M Umar)

UPDATE CORONA