Dindukcapil Lakukan Program Pembuatan KK/KTP Secara Jemput Bola

oleh -66.489 views
Dindukcapil

IDUL FITRI

Muara Enim I Realitas – Dindukcapil Lakukan Program Pembuatan KK/KTP Secara Jemput Bola.

Untuk menyesuaikan identitas masyarakat sehingga selaras dengan kondisi domilisili akibat adanya perubahah status diri atau domisili, maka indentitas harus dibuat untuk diperbaiki dan diganti sesuai dengan kondisi yang sebenarnya.

REALITAS TV

Terkait dengan adanya perubahan status kecamatan, maka Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabipaten Muara Enom terus menerus melakukan program pembuatan KK, KTPdan Akte Kelahiran serta KIA secara jemput bola terkhusus kecamatan yang baru pemekaran menjadi kecamatan definitip, tentunya dengan perubahan tersebut akan berdampak pada dokumen-dokumen yang penting.

BACA JUGA :   Ketua MMR Sekaligus Babinsa Serahkan Bantuan Bagi Warga Bendungan Simo

Ketika awak media menyambangi kepala dinas kependudukan dan catatan sipil kabupaten muara enim diruang kerjanya.

Drs. Risman Effendi, MSi mengatakan bahwa berdasarkan surat Bupati Muara Enim nomor ; 471.1/ 1115/dukcapil/ses/2020, tentang penerbitan dan pemanfaatan kartu indentitas anak ( KIA ), manfaat KIA digunakan untuk pendaftaran ketika anak masuk sekolah.

Lanjutnya, dengan merujuk pada surat Bupati Muara Enim, maka setiap penduduk wajib mempunyai kartu indentitas diri, termasuk anak yang umurnya dibawah 17 tahun diwajibkan membuat Kartu Identitas Anak, usia anak dibawah paud tidak memakai foto.

Sedangkan usia diatas 5 tahun ( PAUD, SD, SLTP ) sampai 17 tahun kurang sehari harus memakai foto untuk dibuat Kartu Identitas Anak ( KIA ), sedangkan usia 17 tahun keatas dibuat Kartu Tanda Penduduk ( KTP ).

Kemudian katanya, mengingat saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19, untuk pembuatan Kartu Identitas Anak, agar dibuat secara kolektif dari sekolah masing-masing.

Dengan tujuan untuk menghindari kerumunan sehingga tidak terjadi penumpukan yang berpotensi penyebaran dan penularan virus corona.

BACA JUGA :   Gubsu Mintak Polisi Usut Tuntas Kasus Penembakan Wartawan di Sumut

Masih dari Risman, Kecamatan Panang Enim Kapupaten Muara Enim, saat ini sedang dilakukan program pembuatan KK, KTP dan Akte kelahiran serta pembuatan Kartu Identitas Anak ( KIA ) secara jemput bola.

Ini tentunya merupakan skala prioritas ada dua belas Desa yang masuk Kecamatan Panang Enim, pada saat pelaksanaan kegiatan di Desa tersebut, Kepala Sekolah bisa memanfaatkan, sedangkan untuk anak putus sekolah, itu merupakan tugas Kepala Desa, tuturnya. ( Umar )

UPDATE CORONA