81 Rohingya Terdampar di Pulau Idaman Aceh Timur

oleh -111.489 views
81
Foto : Serambi

IDUL FITRI

Aceh Timur I Realitas – Sebanyak 81 warga Rohingya dilaporkan terdampar di Pulau Idaman, Gampong Kuala, Kecamatan Simpang Ulim, Aceh Timur.

Informasi terdamparnya 81 orang Rohingya ini dibenarkan oleh Keuchik Gampong Kuala Simpang Ulim, Idris.

REALITAS TV

“Benar, ada 81 orang Rohingya yang terdampar, terdiri dari wanita laki-laki dewasa, dan anak-anak,” ujar Idris kepada Wartawan, Jumat (4/6/2021) siang.

Idris mengatakan, informasi terdamparnya warga Rohingya di pantai Pulau Idaman, Gampong Kuala Kecamatan Simpang Ulim, diketahui warga pada Jumat pagi sekitar pukul 07.00 WIB.

BACA JUGA :   DPC AKSI Muara Enim Mempertanyakan Terkait Pemalsuan Tanda Tangan

“Bangun pagi sekitar pukul 07.00 WIB, kami melihat sudah ada warga Rohingya terdampar di bibir pantai. Mereka menggunakan satu unit kapal yang di dalamnya ada dua speed boat,”  ungkap Idris.

Pulau Idaman tersebut ungkap Idris, merupakan kawasan tambak di Desa Kuala Simpang Ulim, pulau kecil ini hanya bisa diakses naik perahu, dan berjarak 200 meter dari desa setempat dengan menyeberangi sungai.

Terkait terdamparnya warga Rohingya ini, sudah dilaporkan kepada Muspika Simpang Ulim.

Selain itu,  perangkat desa sudah menyalurkan bantuan beras, air mineral, roti, dan mi instan karena mereka terlihat sangat kelaparan.

Bantuan tersebut, diantar melalui perwakilan warga, Keuchik Idris mengatakan dirinya tidak mengizinkan warganya untuk mendekati Rohingya itu karena khawatir Covid-19.

Idris juga mengatakan, perwakilan dari pemerintah sudah mendatangi warga Rohingya tersebut untuk melihat kondisinya secara langsung, “untuk penanganan selanjutnya, kami serahkan kepada pemerintah,” pinta Idris.

BACA JUGA :   AWAI Mengutuk Keras Aksi Penembakan Wartawan Marsal Harahap

Jamaliah salah satu petugas medis dari Puskesmas Simpang Ulim, mengatakan, berdasarkan pemeriksaan awal, diketahui 5 orang dari 81 orang rohingya itu dalam keadaan sakit.

“Saat ini kami sedang menuju ke sana untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut,” ujarnya Jamaliah.(*)

Sumber : Si

 

UPDATE CORONA

Tentang Penulis: Editor Rahmad Wahyudi

Gambar Gravatar
Rahmad Wahyudi Adalah Wartawan di Media Realitas