PT. BA Serahkan Bangunan Rumah Layak Huni ke Masyarakat 188 Unit

oleh -106.489 views
PT

IDUL FITRI

Muara Enim I RealitasPT. Bukit Asam Tbk merupakan Perusahaan BUMN yang bergerak dibidang eksploitasi/eksplorasi yang sudah ratusan tahun menambang dan berkantor pusat di Tanjung Enim, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan, juga merupakan patnership Pemerintah, khususnya Pemerintah Kabupaten Muara Enim dibidang pembangunan melalui Corporate Social Respinsibity (CSR) PT. Bukit Asam Tbk, baik pendidikan, sosaial, agama, olahraga, ekonomi, maupun infrastruktur dan lain sebagainya.

Dalam perjalanan perusahaan yang berkembang bersama lingkungan tak henti-hentinya untuk membantu masyarakat, termasuk membangun rumah bagi masyarakat yang akan direlokasi PT. Bukit Asam Tbk, mengingat lokasi tersebut akan digunaka untuk penghijauan disepanjang daerah aliran sungai Enim.

REALITAS TV

Saat kedatangan rombongan dari Muara Enim, mereka disambut oleh Srikandi Anggota Reog Ponorogo Talang Jawa Tanjung Enim dengan memberikan sekapur sirih, yang merupakan tradisi Sumatera Selatan, jika kedatangan tamu, atau pejabat penting sebagai tradisi.

Hadir dalam acara tersebut , Dirut PTBA, Direksi SDM dan Operasional, Duhedi, PLH. Bupati Muara Enim, DR. H. Nasrun Umar, SH, MH, Ketua DPRD Kabupten Muara Enim, Liono Basuki, BSc, Kapolres Muara Enim, AKBP. Danny Sianipar, SIK. MSi, Dandim 404 garuda Dempo, diwakili oleh Danramil 404.05, Tanjung Enim, Kapt. Fiber, Pj. Sekda Muara Enim, Drs. Emran Thabrani, MSi, GM UPTE, Suhedi, HUMAS PT. BA, Iko Gusman, Bagian Pertanahan dan Aset , Ichsan, Camat Lawang Kidul, Andrille Martin, SE Kapolsek Lawang Kidul, IPTU. Desi Azhari, SH, MSi, Danramil 404-05 Tanjung Enim, Kapt.

Fiber, serta Lurah Pasar Tanjung Enim, Najibburahman, SE, MSi, UPTD Perhubungan, Adil Makmur, dan Kepala Desa Lingga, Hisri serta Tokoh Pemuda, Tokoh Agama dan Masyarakat sekitarnya serta elemen masyarakat Tanjung Enim.

Dalam sambutan Dirut PT. Bukit Asam Tbk, Suryo Eko Hadianto menyampaikan bahwa lokasi perumahan daerah ini akan direklamasi untuk penghijauan disepanjang aliran Sungai Enim.

Kepada penerima rumah ini, diharapkan dapat memberikan kehidupan yang baru, rumah baru dan harapan baru nantinya.

Rumah yang akan diserahkan kepada masyarakat Bedeng Obak, Eks Dok Mutik dan Karang Tina sebanyak 188 unit rumah layak huni oleh Dirut PT. Bukit Asam Tbk, di perumahan Bara Lestari Desa Keban Agung Kecamatan Lawang Kidul.

Bagi mereka yang direlokasi akan diberikan uang kerohiman sebesar Rp. 500.000,- dan transportasi untuk angkutan barang dari Bedeng Obak ke Bara Lestari Desa Keban Agung, juga rumah tersebut akan diserahkan sertifikat bagi mereka.

Lanjutnya, PT. BA akan tetap berkomitmen dengan adanya kegiatan yang dilakukan sekarang ini, selaras dengan motto “perusahaan berkembang bersama lingkungan “.

Saat ini juga sudah didirikan pendidikan Sekolah Dasar (SD), dan Sekolah menengah Tingkat Pertama (SMP) Bikit Asam untuk masyarakat umum, pungkasnya.

Sementara dalam sambutan Ketua DPRD Kabupaten Muara Enim, Liono Basuki, BSc, memberikan apreasi terhadap PT. Bukit Asam Tbk yang telah merelokasi rumah warga di Bedeng Obak, Eks Dok Mutik serta Karang Tina ke Bara Lesatari Desa Keban Agung.

Lanjutnya, saya berharap agar perusahaan tetap memperhatikan kehidupan masyarakat yang dipindahkan tersebut, sehingga mereka bahagia dengan penyerahan rumah baru yang mereka dambambahkan selama ini.

Masyarakat yang dipindahkan harus bersyukur dengan adanya bantuan PT. Bukit Asam Tbk yang sudah membangun rumah layak huni.

Kemudian tanah didaerah Bara Lestari masih ada yang masuk HGU, agar PT. BA dapat menyelesaikan permasalahan ini, karena di Bara Lestari 2 sudah disertifikatkan, dan status hukumnya harus jelas, sesuai dengan pidato Bapak Presiden, sehingga mereka mendapatkan sertifikat seluruhnya.

Diharapkan masyarakatnya lebih maju lagi, pada umumnya masyarakat Kabupaten Muara Enim lebih sejahtera, khususnya masyarakat Lawang Kidul, juga UMKM perlu diperhatikan lagi, juga pendidikannya dapat ditingkatkan. ungkapnya.

Dalam sambutan PLH. Bupati Muara Enim, DR. H. Nasrun Umar, SH, MH, menyampaikan, PT. Bukit Asam Tbk agar tetap berkomitmen terhadap lingkungan yang terdampak akibat dari kegiatan eksploitasi/eksplorasi didaerah lingkungan perusahaan ini.

Pemerintah Kabupaten Muara Enim, sangat mengapresiasi bangga dengan keberadaan PT. Bukit Asam Tbk, karena dapat membantu pembangunan di Muara Enim, jika hanya berharap dengan APBD Kabupaten Muara Enim, yang hanya 2,7 Triliyun, rasanya tidak akan terkaper semuanya, dengan keberadaan PT. Bukit Asam Tbk, pembangunan di Muara Enim dapat terbantu untuk mengatasi, tuturnya.

Lanjutnya, pemindahan perumahan masyarakat di Bedeng Obak, eks Dok Mutik dan Karang Tina untuk direlokasi ke Bara Lestari Desa Keban Agung yang layak huni, ini merupakan bantuan PT. Bukit Asam Tbk, sehingga masyarakatnya lebih nyaman, dan sejahtera dengan rumah baru harapan baru yang diberikan oleh perusahaan beserta sertifikat kepemilikan.

Masih dari HNU, mengingat pula di Sumatera Selatan ini pandemi Covid-19 masih cukup tinggi, diharapkan kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (5 M), agar virus corona ini cepat berakhir, sehingga kita semua lebih nyaman dan leluasa untuk beraktivitas sehari-hari, jika virus corona sudah tidak ada lagi.

Diakhir sambutan HNU, mengucapkan terima kasih atas segala bantuan yang memberikan rumah layak huni untuk masyarakat Muara Enim, khususnya warga Kelurahan Pasar Tanjung Enim dan Desa Lingga Kecamatan Lawang Kidul, semoga PT. Bukit Asam Tbk dimasa mendatang akan tetap jaya dan sukses, pungkasnya.

Kemudian, diakhir acara ini, diserahkan secara simbolis kunci rumah untuk 5 orang penerima bantuan rumah layak huni oleh PLH. Bupati Muara Enim, Dirut PT. Bukit Asam Tbk, Ketua DPRD Kabupaten Muara Enim, Dandim 404 Garuda Dempo Muara Enim. (M Umar)

UPDATE CORONA