Menkominfo : Internet di Papua Akan Selesai dan Pulih Sepenuhnya Pada Juni Mendatang

oleh -92.489 views
Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny Plate

IDUL FITRI

Jakarta I Realitas – Pada awal Mei ini kabel laut Telkom Jayapura putus di titik 360 kilometer.

Hal ini membuat layanan internet milik Telkom di Jayapura dan sekitarnya mengalami gangguan.

REALITAS TV

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Plate mengatakan pemulihan jaringan internet di Papua berlangsung secara bertahap.

Melalui keterangan resminya kepada awak media, Senin (17/5/2021), Johnny mengatakan perbaikan ini baru akan selesai dan pulih sepenuhnya pada Juni mendatang.

“Kami terus berusaha bersama operator seluler dan operator fiber optik bawah laut untuk memulihkan transmisi data dari kawasan barat ke kawasan timur dengan pemanfaatan microwave link, radio link dan berbagai sarana yang lain,” tutur Johnny.

BACA JUGA :   1 Orang Pengguna Sabu Ditangkap Polisi di Komplek Perumahan

Indonesia Ingin Jadi “Hub” Jaringan Kabel Bawah Laut Dunia

Facebook dan Google Siapkan Kabel Internet Bawah Laut Indonesia-Amerika Utara

Adapun kabel serat optik yang putus tersebut berada di kedalaman sekitar 4.000 meter hingga 4.050 meter di dasar laut.

Kabel tersebut menghubungkan jaringan internet Indonesia bagian barat dan Indonesia Timur di bagian utara Kota Jayapura.

BACA JUGA :   Kepala BNPB Instruksikan 6 Strategi Penanggulangan Lonjakan Covid-19

“Oleh karena itu, tidak mengherankan saya apabila memang di Mimika terjadi kendala yang berkaitan dengan transmisi data,” lanjut Johnny.

Penyebab kabel putus

Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika Dedy Permady mengungkapkan penyebab putusnya kabel internet bawah laut tersebut.

Ia mengatakan, pergeseran lapisan bumi di dasar laut adalah pemicu putusnya Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) milik PT Telkom Indonesia ini.

BACA JUGA :   Kapolri Imbau Masyarakat Laporkan Aksi Premanisne ke Hotline 110

“Hal ini mengakibatkan seluruh layanan Telkom Group mengalami gangguan dengan total trafik sebesar 135 Gbps,” kata Dedy.

Ia mengatakan bahwa Kementerian Kominfo juga tengah berkoordinasi dengan PT Telkom Indonesia terkait upaya pemulihan jaringan internet tersebut.

“Saat ini, Telkom sudah memulihkan layanan telepon dasar (voice dan sms) yang difasilitasi Palapa Ring Timur satelit, dan microwave radio dengan total kapasitas 969 Mbps,” pungkas Dedy. (*)

Sumber: Kps

UPDATE CORONA