Koramil 03/Bkj Dim 0113/Galus, Mendampingi BPP dab BPS Dalam Pengambilan Ubinan Sawah

oleh -87.489 views
Koramil 03/Bkj

IDUL FITRI

Gayo Luwes | Realitas – Koramil 03/Bkj Dim 0113/Galus, Mendampingi BPP dab BPS Dalam Pengambilan Ubinan Sawah.

Danposramil Dabun Gelang Koramil 03/Blangkejeren Pelda Nurdin, bersama Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Gayo Lues yang bekerja sama dengan Penyuluh dari Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Dabun Gelang melakukan pengambilan ubinan tanaman padi di desa Panglime linting, kecamatan Dabun Gelang Kabupaten Gayo Lues, Senin, (31/05/2021).

REALITAS TV

Pengambilan ubinan ini dilakukan di beberapa tikik yang sudah ditentukan kordinatnya, di lahan sawah milik kelompok tani binaan Penyuluh Desa Panglime lintang yang saat ini sudah memasuki masa panen.

Kegiatan tersebut juga langsung disaksikan oleh sejumlah petani sekitar dan ketua kelompok tani setempat.

Ubinan merupakan cara untuk melihat perkiraan hasil panen tanaman padi melalui titik sampel dengan cara diukur dengan ukuran 2,5 x 2,5 m² yang kemudian hasilnya ditimbang. Hasil inilah dapat dijadikan dasar dalam penentuan produksi dalam 1 Ha.

Dapat disimpulkan, tujuan dari pengambilan sampel ubinan ini adalah untuk mengetahui perkiraan hasil produksi tanaman dalam luasan per hektarnya.

Cara penentuan titik ubinan dilakukan melalui bantuan citra satelit. Peramalan luas panen dihitung dengan metode Kerangka Sampel Area (KSA). KSA sendir menggabungkan peta luas baku lahan sawah yang diperoleh dari teknologi penginderaan jarak jauh atau citra satelit sebagai kerangka pengambilan sampel.

Dalam kesempatan ini, Danposramil Dabun Gelang menyampaikan, pihaknya selalu siap berkoordinasi dengan semua pihkan termasuk di sektor pertanian demi kemajuan dan kepentingan masyarakat.

“Turun ke desa bahkan dalam kegiatan seperti ini memang harus selalu dilaksanakan sebab ini termask sebagai bagian dari pembinaan teritorial yang menjadi tugas pokok komando kewilayahan, “, ucap Pelda Nurdin. (Red)

UPDATE CORONA