Kapolda Sulsel : Harus Adanya Payung Hukum dalam Pilkades Serentak 2021

oleh -72.489 views

IDUL FITRI

Makassar I Realitas –  Direktorat Intelkam Polda Sulawesi Selatan menggelar focus group discussion (FGD) bertajuk Literasi Politik dalam Kontestasi Pemilihan Kepala Desa 2021 di Hotel Harper, Jalan Perintis, Makassar, Senin (24/05/2021).

Hadir dalam kesempatan itu Kapolda Sulsel, Irjen Pol. Merdisyam, Ketua KPU Sulsel, Faisal Amir; Ketua Bawaslu Sulsel, Laode Arumahi, dua akademisi Andi Ali Armunanto dan Luhur A. Priyanto, juga Ketua Apdesi Sulsel, Sri Rahayu Asmi, lalu Dir Intelkam Polda Sulsel, Kombes Pol Dwi Suryo Cahyono.

REALITAS TV

Dalam kesempatan tersebut, Irjen Pol. Merdisyam menyampaikan bahwa pemilihan kepala desa (pilkades) adalah pesta demokrasi yang sangat merakyat dan memiliki masalah yang sangat kompleks.

BACA JUGA :   LASKAR : LSM Sejati Jangan Tebar Hoax, Belajar Jika Tidak Tau Aturan

“Tingkat kerawanan dan keamanan pilkades begitu kompleks. Kerawanannya cukup tinggi, money politics tentu tidak bisa dihindari. Nepotisme sudah membudaya dan kolusi sulit dihindari,” terang Jenderal Bintang Dua.

BACA JUGA :   Ini Pesan Kolonel I Gede Putra Yasa Sebelum Purna Tugas Sebagai Dandim Palangka Raya

Kapolda Sulsel menambahkan bahwa dalam pilkades hingga saat ini belum ada aturan atau payung hukum yang bisa mengatur dalam perhelatan politik di tingkat desa.

BACA JUGA :   Innalilahi Ayah Hilda Vitria Meninggal Dunia

“Dalam kesempatan ini saya menyampaikan saran agar ke depan bisa ada regulasi, aturan atau payung hukum yang bisa mengatur pilkades.

Sehingga, ada penyelenggara, pengawas dan tentu kalau ada sengketa bisa diselesaikan secara baik,” tutup Irjen Pol. Merdisyam. (*)

UPDATE CORONA