Kapolda Papua: 6 KKB Masih Aktif, Kalau Melawan Akan Kami Lumpuhkan

oleh -224.489 views
Kapolda Papua, Irjen Pol. Mathius D Fakhiri

IDUL FITRI

Jayapura I Realitas – Kepala Kepolisian Daerah Kapolda Papua, Irjen Pol. Mathius D Fakhiri, menyebut ada enam Kelompok Kriminal Bersenjata (SMK) hingga saat ini masih aktif melakukan kekerasan bersenjata yang akhirnya menjadi teror bagi masyarakat.

Hal tersebut dikatakan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua, Irjen Mathius D Fakhiri. Menurutnya, setidaknya ada enam KKB yang aktif menebar teror.

“Dari kepolisian, dari yang sudah kita petakan, sebenarnya kelompok ini adalah kelompok yang besar, tapi yang aktif ada enam kelompok di Puncak, Intan Jaya, dan Nduga,” jelas Kapolda Papua.

Kapolda Papua menuturkan, pada 2021, KKB pimpinan Lekagak Telenggen menjadi kelompok yang paling aktif membuat aksi kekerasan di Kabupaten Puncak.

BACA JUGA :   Polsek Sunggal Polrestabes Medan Amankan Pengedar Narkoba

Kemudian KKB Pimpinan Sabinus Waker pada 2020 sangat meresahkan di Intan Jaya.

Selain itu, Fakhiri menyebut ada juga kelompok baru yang merupakan bagian dari kelompok Lekagak Telenggen yang mulai aktif melakukan teror.

Selain enam kelompok tersebut, Fakhiri mengungkap sudah ada beberapa KKB yang sudah tidak aktif. Bahkan sudah ada yang telah kembali di tengah masyarakat.

BACA JUGA :   Klinik Bisnis : Hadirkan Investor Mancanegara Dan Puluhan Beasiswa Bagi Pegiat UMKM

“Ada kelompok Lekagak Telenggen, Militer Murib, Sabinus Waker, ada kelompok Paniai, ada kelompok Ndugama Egianus Kogoya, dan ada sempalan-sempalan kelompok Lekagak yang sudah muncul.

Ada kelompok lain yang kami syukuri sudah tenang, ada yang sudah kembali melakukan aktivitas sebagaimana masyarakat biasa,” pungkas Kapolda Papua. (*)

UPDATE CORONA