Akademisi Universitas UI Apresiasi Langkah Polri Berantas Mafia Tanah di Sejumlah Daerah

oleh -86.489 views
Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo, M.Si.

IDUL FITRI

Jakarta I Realitas – Praktisi Sekaligus Akademisi Universitas Indonesia (UI), Yuli Setiono, S.E., M.Si., mengapresiasi prestasi kerja Kapolri Jenderal Polisi, Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., yang telah ditorehkan dalam 100 hari pertama kepemimpinannya.

Menurut Yuli, program Presisi yang mengedepankan pendekatan restorative justice (keadilan restoratif) tentu memberikan kepercayaan dan kepuasan masyarakat semakin tinggi terhadap institusi kepolisian.

REALITAS TV

Hal yang tak kalah penting, lanjut Yuli, adalah respons cepat Kapolri atas persoalan mafia tanah yang mendapat perhatian serius dari Presiden Jokowi dan masyarakat luas, yang kemudian segera membentuk Satgas AntiMafia Tanah dan langsung bekerja cepat mengusut kejahatan terorganisir tersebut.

BACA JUGA :   Semangat Mbah Kakung Turut Sukseskan TMMD Reguler Ke-111 Kodim Surakarta

“Salah satunya mafia tanah yang terjadi di Semarang, Salatiga, Yogjakarta dan Kudus. Kami sangat mengapresiasi Program Presisi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang mengedepankan pendekatan restorative justice (keadilan restoratif), tentu saja program ini akan membuat wajah pelayanan kepolisian semakin professional dimata masyarakat.

BACA JUGA :   BPBD Saat Ini Banjir Landa Empat Desa di Kapuas Hulu

Langkah jajaran Polri dalam memberantas mafia tanah di seantero negeri terus mendapat apresiasi berbagai kalangan,” terang Yuli.

Selain itu, diluncurkannya berbagai aplikasi berbasis teknologi informasi, sambung Yuli, menghasilkan layanan kepolisian saat ini lebih mudah diakses masyarakat, cepat, dan terjaminnya transparansi hukum.

Program presisi yang tengah digalakkan Kapolri sebagai bentuk program yang identik dengan arahan presiden yang didukung dengan teknologi mutakhir Polri untuk memproses setiap perkara hukum, termasuk di dalamnya soal mafia tanah,” tutur Yuli.

BACA JUGA :   Kapoldasu Ucapan Selama Dirgahayu Kodam I Bukit Barisan

Tidak hanya itu, adanya monitoring pengaduan masyarakat terkait kinerja anggota kepolisian, papar Yuli, tentu semakin meningkatkan kepercayaan masyarakat dan profesionalisme jajaran kepolisian. (*)

UPDATE CORONA