Akibat Badai Siklon Tropis Seroja Terjadi Banjir Bandang Dikabupaten Bima

oleh -160.489 views
Akibat

IDUL FITRI

Nusa Tenggara Barat I Realitas – Akibat Badai Banjir Bandang yang disebabkan Badai Siklon Tropis Seroja yang terjadi dua pekan lalu di Kabupaten Bima yang mengakibatkan kerugian fisik dan non fisik yang dialami masyarakat yang terdampak bencana alam.

Dimana untuk mengantisipasi hal tersebut agar tidak terjadi lagi dikemudian hari Komandan Korem (Danrem) 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani S SOS SH M Han bersama Forkopimda Bima melaksanakan rehabilitasi hutan dan lahan dengan menanam pohon diwilayah Kecamatan Parado Kabupaten Bima, Rabu (21/4/2021).

REALITAS TV

Dijelaskan Danrem 162/WB, banjir bandang yang merendam sejumlah desa ditujuh kecamatan sebagai dampak dari gundulnya hutan Parado yang tidak mampu menyerap dan menampung air, jelasnya.

“Dulu menurut cerita tetua disini dihutan Parado ada air terjun dengan udara yang sejuk karena terdapat pepohonan yang hijau dan rindang. Kini semuanya itu sudah tidak ada lagi”, kata Ahmad.

Sambungnya lagi, oleh sebab itu kata Danrem 162/WB, pihaknya bersama elemen masyarakat yang ada di Kabupaten Bima khususnya di Kecamatan Parado bertekad untuk mengembalikan fungsi hutan agar kembali normal dan menjadi ekosistem yang baik untuk kelangsungan hidup manusia dan hewan, ujarnya.

“Hari ini kami mendeklarasikan untuk menghijaukan kembali hutan Parado dengan harapan anak cucu kita nanti dapat melihat dan menikmatinya. Mari kita jaga hutan dan lingkungan maka alam akan menjaga kita”, tegasnya.

Ditambahkan Wakil Bupati Bima Drs H Dahlan H M Noer, menghimbau seluruh masyarakat Kabupaten Bima Khususnya warga Desa Pela, Desa Paradowane, Desa Kanca dan lima desa yang ada di Kecamatan Parado untuk menjaga alam agar tetap lestari seperti semula, paparnya. (dody)

UPDATE CORONA