Pernyataan Presiden Jokowi Benci Produk Asing Akhirnya Terungkap

oleh -100.489 views

IDUL FITRI

Jakarta I Realitas – Pernyataan Presiden Jokowi Benci Produk Asing Akhirnya Terungkap.

Pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang dilontarkan kemarin menyita perhatian banyak pihak. Bagaimana tidak, ia mengajak semua pihak untuk cinta produk Indonesia tapi juga Jokowi gaungkan benci produk asing.

REALITAS TV

Jokowi mengatakan, Indonesia dengan 270 juta jiwa merupakan pasar yang besar. Menurutnya, pasar itu harus dijaga agar tidak dikuasai produk asing.

Sebab itu, Jokowi meminta agar menggaungkan cinta produk Indonesia dan benci produk asing. “Ajakan-ajakan untuk cinta produk-produk kita sendiri, produk-produk Indonesia harus terus digaungkan.

Produk-produk dalam negeri gaungkan! Gaungkan juga benci produk-produk dari luar negeri,” tegasnya saat membuka Rapat Kerja Kementerian Perdagangan 2021 yang disiarkan melalui YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (4/3/2021).

BACA JUGA :   Larangan Mudik, Polda Banten Siapkan 18 Pos Penyekatan

“Bukan hanya cinta, tapi benci. Cinta barang kita, benci produk dari luar negeri,” tambah Jokowi.

Dengan begitu, Jokowi yakin masyarakat Indonesia yang begitu besar akan menjadi konsumen yang loyal terhadap produk-produk Indonesia sendiri.

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi pun buka suara. Ia mengaku bersalah atas langkah Jokowi gaungkan benci produk asing.

Menurut Lutfi hal ini karena laporan terkait keberadaan pelaku e-commerce atau toko online yang menjual produk lintas negara. Laporan tersebut dia sampaikan kepada Presiden Jokowi sebelum raker berlangsung.

“Perlu diluruskan ada background yang menyertai pernyataan Pak Presiden. Laporan saya ke beliau tentang laporan praktik yang tak sesuai di perdagangan e-commerce.

BACA JUGA :   Ketua DPRD Pesaman Barat Bantah Melakukan Perbutan Dugaan Mesum Dengan Staf

Praktik e-commerce yang mendunia, yang praktik ilegal perdagangan predatory pricing, jadi harga yang membunuh kompetisi,” kata dia dalam konferensi pers virtual, Kamis (4/3/2021).

Kegiatan dagang ini juga mengancam eksistensi pelaku usaha di dalam negeri.

“Saya ingin luruskan, ini laporan saya untuk meminta beliau buka raker perdagangan dua hari lalu, karena kita kehilangan UMKM karena masalah tersebut,” tegas dia.

Lutfi juga mengaku salah dengan munculnya pernyataan tersebut. Menurut Lutfi, laporan tersebut memang menimbulkan kekecewaan pada Presiden dan seluruh pihak terkait karena adanya praktik yang tidak adil dalam perdagangan digital.

BACA JUGA :   Unit Tipdter Sat Reskrim Polres Simeulue Tangkap Penyebar Foto Pornografi

“Saya mohon kepada rekan media untuk tidak membesar-besarkan permasalahan ini. Yang salah ini adalah Menteri Perdagangan yaitu saya sendiri, karena saya memberikan laporan kepada beliau sesaat sebelum acara dimulai.

Dan ini merupakan bentuk bukan hanya kekecewaan beliau tapi bentuk kekecewaan kita semua karena praktik yang tidak adil ini menyebabkan kerusakan yang masif pada UMKM kita,” kata dia.

Pernyataan Jokowi gaungkan benci produk asing ini pun menuai beragam respons. Ada yang mendukung, ada juga meminta Jokowi memberi contoh, serta ada juga yang tidak setuju. (*)

Sumber: Dtc

UPDATE CORONA