Perdana Menteri Australia Dituduh Perkosa Gadis 16 Tahun

oleh -121.489 views
Perdana
FOTO : Ilustrasi

IDUL FITRI

Sydney I (REALITAS) – Perdana Menteri Australia Scott Morrison menolak seruan untuk menangguhkan jabatan salah satu menteri kabinet yang dituduh melakukan pemerkosaan. Sikap itu diambil berdasarkan bantahan pejabat tersebut.

Seperti dilansir AFP, Senin (1/3/2021) PM Scott Morrison-yang sudah berada di bawah tekanan publik akibat budaya seksis ‘toxic’ dalam politik Canberra-bersikeras bahwa menteri itu tidak bersalah sampai terbukti di pengadilan.

REALITAS TV

“Tuduhan tindakan kriminal harus ditangani oleh lembaga yang kompeten dan berwenang,” kata Morrison, seraya menambahkan itu adalah “urusan polisi”.

Diketahui, Morrison menerima surat tuduhan kepada seorang anggota kabinetnya yang memperkosa seorang gadis berusia 16 tahun di Sydney pada tahun 1988.
Korban pemerkosaan itu bunuh diri tahun lalu. Sosok anggota kabinet itu tidak disebutkan namanya karena dilindungi dalam undang-undang pencemaran nama baik Australia.

Morrison pun mengaku sudah menghubungi menteri itu dan dirinya “benar-benar membantah tuduhan ini.”

BACA JUGA :   Viral Perawat di RS Siloam Palembang Diduga Dianiaya Keluarga Pasien

“Ini adalah tugas polisi, di negara di mana Anda diatur oleh aturan hukum, yang menentukan kebenaran dari setiap tuduhan seperti ini,” kata Morrison.

“Orang yang terlibat di sini dengan keras menolak tuduhan ini. Jadi, ini masalah polisi,” imbuhnya.

Polisi mengatakan mereka telah “menerima pengaduan terkait dengan sejarah penyerangan seksual,” tetapi tidak akan memberikan komentar lebih lanjut.

Melihat fakta karena sang korban meninggal dan tidak dapat diinterogasi, serta rentang waktu yang sangat lama membuat tuduhan ini sulit dituntut.

BACA JUGA :   Diduga Ayah Perkosa Anak Kandungnya Hingga 4 Kali di Aceh Timur

Senator oposisi Sarah Hanson-Young-yang juga menerima surat itu dan meneruskannya ke polisi-mengatakan “tidak ada prospek” untuk kasus ini disidangkan dan penyelidikan independen harus dilakukan.

Tuduhan ini merupakan skandal terbaru yang menerpa pemerintahan Morrison dan politik Canberra pada tahun ini.

Menteri Pertahanan Linda Reynolds saat ini sedang dalam cuti medis di tengah penyelidikan terhadap seorang staf yang diduga diperkosa oleh seorang rekan di kantor parlemennya.
Sang pelapor, Brittany Higgins (26) mengatakan dirinya diperlakukan seperti “persoalan politik” ketika dia melaporkan insiden itu. Diketahui insiden itu terjadi pada 2019, hanya satu bulan sebelum pemilihan nasional.

Morrison awalnya membela pendekatan pemerintahnya terhadap kasus tersebut sebelum akhirnya meminta maaf.

BACA JUGA :   Kemenhub Keluarkan Maklumat Pelayaran Waspada Cuaca Ekstrem

Hanson-Young juga mengungkapkan selama akhir pekan bahwa ada tuduhan pemerkosaan terhadap anggota parlemen dari Partai Buruh yang tidak disebutkan namanya ke polisi.

Parlemen Australia telah berulang kali dikritik karena budaya tempat kerja yang “toxic”, diduga memicu penindasan, pelecehan, dan perilaku seksual yang tidak senonoh terhadap wanita.

Pekan lalu Nicolle Flint, seorang anggota parlemen perempuan Liberal yang secara terbuka mengeluh tentang pelecehan seksis, mengumumkan dia akan mundur pada pemilihan berikutnya. (*)

Sumber: Dtc

UPDATE CORONA