Pemko Pekanbaru Ajukan Ulang Lelang Pengangkutan Sampah Ke DLHK Kota Pekanbaru

oleh -104.489 views
Foto: Dok.Trb/ Sampah berserakan hingga ke jalan raya di jalan Daru-daru Kota Pekanbaru.

IDUL FITRI

Pekanbaru I Realitas – Pemko Pekanbaru Ajukan Ulang Lelang Pengangkutan Sampah Ke DLHK Kota Pekanbaru.

Lelang pengelolaan angkutan sampah kembali diajukan Pemerintah Kota Pekanbaru melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru, Selasa (16/2/2021).

REALITAS TV

Ada dua zona wilayah pengelolaan angkutan sampah yang diajukan untuk lelang oleh DLHK pada LPSE (Layanan Pengadaan Secara Elektronik) Pekanbaru. “Kita ajukan (lelang) lagi,” ujar Plh Kepala DLHK Pekanbaru Azhar kepada wartawan Selasa (16/2/2021).

Menurutnya, proses lelang ini bakal berjalan dalam 25 hari ke depan. Ia menargetkan pemenang lelang yang ditunjuk sebagai rekanan DLHK Pekanbaru dalam pengelolaan angkutan sampah sudah dapat akhir Maret 2021.

Ada dua zona yang dilelangkan untuk pengelolaan angkutan sampah. Zona satu meliputi wilayah Kecamatan Tampan, Kecamatan Payung Sekaki dan Kecamatan Marpoyan Damai.

BACA JUGA :   Akui Kecanduan Film Bokep, Mahasiswa Inisial NJM Cabuli Bayi 1 Tahun

Zona dua meliputi Kecamatan Bukit Raya, Kecamatan Sukajadi, Kecamatan Pekanbaru Kota, Kecamatan Senapelan, Kecamatan Lima Puluh, Kecamatan Sail dan Kecamatan Tenayan Raya.

“Untuk nilai lelang masih sama seperti dengan yang kemarin. Ada dua zona yang dilelang,”ujarnya.

Pengajuan lelang ini merupakan kali kedua pasca lelang yang diajukan pada Desember 2020 lalu tidak memenuhi syarat oleh para perusahaan pendaftar lelang.

Sementara saat ini proses pengangkutan sampah di lapangan masih dilakukan dengan cara petugas dari DLHK, menggunakan alat berat dan truk untuk setiap kecamatan.

Sekda Minta Camat Ikut Atasi Persoalan Sampah

Persoalan sampah belum usai di Kota Pekanbaru, apalagi sampai saat ini proses lelang pengangkutan sampah masih berproses.

Untuk itu Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru Muhammad Jamil meminta agar camat se-Kota Pekanbaru ikut mengoptimalkan dalam menyelesaikan persoalan-persoalan sampah di wilayah masing-masing.

BACA JUGA :   Gubernur Kalteng Minta Bupati-Wali Kota Pastikan Masyarakat Pelosok Dapat Vaksinasi

“Kita minta camat juga ikut membantu di wilayah masing-masing,” ujar Muhammad Jamil, Senin (15/2/2021).

Plh Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Pekanbaru Azhar juga mengaku sudah melakukan koordinasi dengan camat dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dalam penanganan sampah.

“Kami juga dibantu camat dan OPD untuk pengangkutan sampah dan penyediaan alat berat di masing-masing kecamatan,”ujar Azhar.

Karena menurut Azhar, tidak bisa hanya DLHK saja yang turun mengatasi sampah ini. Termasuk peran dari masyarakat juga penting sehingga sampah tidak membuat resah masyarakat. “Masyarakat juga harus ikut sadar jangan membuang sampah juga sembarangan,”ujarnya.

Camat Tenayanraya Indah Vidya Astuti mengatakan pihaknya sudah ikut membersihkan tumpukan sampah. Seperti yang terjadi sebelumnya di Jalan Pesantren Tenayanraya Pekanbaru.

BACA JUGA :   Industri Hilir Sawit di Kotim Tak Harus Serta Merta Tapi Disarankan Secara Bertahap

“Kami terus koordinasi bagaimana agar wilayah kami bebas dari tumpukan sampah yang meresahkan warga tentunya,”ujar Indah Vidya Astuti.

Sementara itu, Camat Binawidya Edi Suherman mengatakan telah melihat langsung ke titik tumpukan sampah di wilayahnya.

Pihaknya menggerakkan lurah untuk ikut membersihkan tumpukan sampah. “Kita sudah turun lakukan pembersihan. Sabtu lalu juga kita turun,” kata Edi.

Selain persoalan sampah, pihaknya juga meninjau drainase yang tertutup oleh sampah. Ia menyebut berkoordinasi dengan Dinas PUPR untuk mengerahkan pasukan kuning membersihkan sampah.

“Tadi pagi juga kita koordinasikan. Sudah turun di simpang Jalan Garuda Sakti,”ujarnya. (*)

Sumber:(Trb)

UPDATE CORONA