Kodim 0104/Atim Gelar Latorsar Teritorial dan Latosar Intel TA 2021

oleh -66.489 views

IDUL FITRI

Aceh Timur I Realitas – Dalam rangka menunjang dan mengasah kemampuan Prajurit TNI AD, khususnya Personel Kodim 0104/Aceh Timur menggelar Latihan Perorangan Dasar Teritorial dan Intelejen yang dilaksanakan selama dimulai sejak Hari Kamis (21/01/2021) s/d Senin (01/02/2021), yang bertempat di Makodim 0104/Atim, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Gampong Payabujok Seuleumak, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa, yang diikuti oleh personil para Babinsa dan Anggota Unit Intelijen, Senin (01/02/2021).

Latihan perorangan dasar merupakan latihan yang dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kemampuan perorangan militer dasar agar mampu melaksanakan tugas-tugas sesuai dengan fungsi serta perannya.

Oleh karena itu latihan harus dilaksanakan sesuai tingkat kecakapannya dalam menguasai materi militer umum materi teritorial dan materi intelijen yang di sesuaikan dengan Standarisasi kemampuan Prajurit yang sudah diatur oleh satuan atas.

BACA JUGA :   Danramil 04 Cengkareng, Klarifikasi Video Tentang Peristiwa di Cafe RM

Dandim 0104/Atim Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar, S.Sos, M.Tr (Han) melalui Pasiops Kapten Inf Suharianto selaku Komandan Latihan Perorangan Dasar Teritorial dan Intelejen mengatakan, untuk menunjang kemampuan para Babinsa dan anggota intelejen Kodim 0104/Atim, yang diharapkan materi latihan yang diberikan dari teori hingga praktek dapat dilaksanakan dengan baik.

“Saya harapkan Dalam pengetahuan intelejen dan keterampilan dasar Satuan Komando Kewilayahan ini bisa diterima dengan baik oleh para anggota dan sebagai insan Intelejen yang berkecimpung di bidang pengamanan agar terus memelihara dan meningkatkan Jaring Komunikasi dengan elemen masyarakat agar Slogan DENI CENI (Deteksi Dini dan Cegah Dini) tentang suatu kejadian di masyarakat akan dapat diatasi,” ujarnya kepada awak media.

BACA JUGA :   Koramil Senaning Bersama Instansi Terkait Gelar Simulasi Karhutla

Lanjutnya, untuk menunjang kemampuan para anggota, diharapkan materi latihan yang diberikan dari teori hingga praktek oleh pemateri, dalam pengetahuan dan keterampilan dasar Satkowil dan Intelejen ini bisa diterima dengan baik oleh para anggota.

“Kegiatan pelaksanaan Latorsar Intelijen ini meliputi materi yang di berikan antara lain materi IMPK (Navigasi Darat) dan aplikasi di lapangan serta difokuskan pada cara memberikan instruksi (CMI) di Desa Binaan, selain itu diberikan juga materi tentang teknik Intelejen antara lain Komunikasi Sosial dan Pendalaman”, pungkasnya.

Lebih lanjut Pasiops juga memerintahkan untuk materi Navigasi Darat (IMPK) sebagai Satuan Komando Kewilayahan, juga harus dapat menunjukkan kemampuan sebagai prajurit yang profesional, dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sesuai dengan jabatan yang diemban masing-masing.

BACA JUGA :   Dubes RI Serahkan Surat Kepercayaan Kepada Pemerintah Haiti

Sehingga, lanjutnya, untuk menjawab tantangan tugas tersebut, dibudayakan kegiatan belajar dan berlatih, seperti kegiatan Latorsar Teritorial, dan Intelijen yang kita laksanakan ini.

“Kita juga akan tekankan untuk setiap kegiatan apapun yang kita laksanakan harus dengan semangat dan penuh dedikasi, serta kegiatan tersebut harus jadikan kegiatan latihan sebagai suatu kebutuhan yang harus dilaksanakan bagi setiap prajurit.

Namun, Latorsar yang kita laksanakan ini bukan hanya sekedar menjalankan atau mengisi program kerja saja, akan tetapi tujuan dari latihan ini adalah meningkatkan kualitas dan kemampuan pada tiap Prajurit di Satuan Teritorial, ”jelasnya.

Sehingga, untuk menjawab tantangan tugas tersebut, dibudayakan kegiatan belajar dan berlatih, seperti kegiatan Latorsar yang saat ini digelar, “pungkasnya. (Muhammad Ramadhan)

UPDATE CORONA