Gempa Bumi Tektonik M5,2 Gungcangkan Majene, Tidak Berpotensi Tsunami

oleh -71.489 views
Ilustrasi

IDUL FITRI

MAJENE I Realitas – Gempa bumi tektonik mengguncang wilayah Selat Makassar, dilansir dari Situs halaman BMKG Rabu (3/2/2021) pukul 15.25.38 WIB. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,1. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2,99 LS dan 118,86 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 6 km arah barat laut Majene, Sulawesi Barat pada kedalaman 17 km.

BACA JUGA :   Uni Eropa Salurkan Bantuan Rp 3,4 Miliar Ke Korban Banjir NTT

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal.

REALITAS TV

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan mendatar naik (Oblique Thrust Fault),” ujar Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno dalam rilisnya.

BACA JUGA :   Ramadhan Penuh Berkah, Bupati Batu Bara Salurkan Zakat Dari Baznas

Dikatakan, guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Majene dan Mamuju III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah.

Terasa getaran seakan akan truk berlalu), di Polewali II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

BACA JUGA :   Bulan Ramadhan Bukan Halangan, Satgas Terus Himbau Prokes

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi Tsunami,” ujar

Bambang mengatakan, kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, pungkasnya. (*)

UPDATE CORONA