Dapatkan Kekebalan yang Optimal, Pangdam XII/TPR Terima Vaksinasi Dosis Kedua

oleh -98.489 views

IDUL FITRI

Kubu Raya I Realitas – Dalam rangka mendapatkan kekebalan yang optimal, Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad menerima suntikan vaksin Covid-19 dosis kedua di ruang koridor gedung A Makodam XII/Tpr Rabu (03/02/2021).

Vaksinasi dilakukan oleh tim medis dari Rumah Sakit Tingkat II Kartika Husada yang dipimpin oleh Dantim Bankes Denkeslap Pontianak Kesdam XII/Tpr, Lettu Ckm dr. Setio Ari Bowo. Usai menjalani tahap skrining, Pangdam XII/Tpr dalam kesempatan tersebut menerima suntikan vaksin di lengan sebelah kiri sama seperti pada saat vaksinasi pertama.

Usai menerima vaksinasi, pucuk pimpinan di Kodam XII/Tpr ini mendapatkan sertifikat vaksinasi Covid-19 sebagai bukti bahwa sudah mengikuti seluruh rangkaian vaksinasi.

Usai vaksinasi, Lettu Ckm dr. Setio Ari Bowo, Lettu Ckm dr. Setio Ari Bowo menjelaskan, penyuntikan vaksin Sinovac tahap kedua ini bertujuan untuk menghasilkan kekebalan optimal.

“Penyuntikan dosis kedua ini untuk dapat menghasilkan kekebalan yang optimal yang dibangun oleh tubuh sehingga imunitas kita semakin kuat melawan Covid-19,” jelas Lettu Ckm dr. Setio Ari Bowo.

Lanjut menjelaskan, dosis pertama vaksin berfungsi untuk mengenalkan inactivated virus atau virus tak aktif ke tubuh. Melalui vaksinasi dosis pertama, vaksin akan bekerja sama dengan tubuh untuk membentuk sistem kekebalan atau antibodi baru.

Sedangkan, vaksin dosis kedua memiliki peran sebagai booster atau menguatkan fungsi vaksin.

“Gunanya adalah untuk meningkatkan kekuatan vaksin sehingga dosis kedua tersebut itu dapat membuat antibodi yang terbentuk itu semakin kuat dan optimal,” terang Lettu Ckm dr. Setio Ari Bowo. (Pendam XII/Tpr)

UPDATE CORONA