Cegah Penyalahgunaan Narkoba, Polda Kaltim Lakukan Tes Urine

oleh -58.489 views
Cegah

IDUL FITRI

Balikpapan I Realitas – Cegah Penyalahgunaan Narkoba, Bid Propam Polda Kaltim Lakukan Tes Urine.

Puluhan personel Dit Resnarkoba Polda Kalimantan Timur menjalani tes urine oleh Bid Dokkes Polda Kaltim. Tes urine ini dilakukan di Ruang Mahakam Polda Kaltim, Selasa (23/2/2021).

Wakapolda Kaltim Brigjen Pol. Drs. Hariyanto, S.H., M.Hum.,didamping oleh Kabid Propoam Polda Kaltim Kombes Pol Yudi Arkara dan Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol. Ade Yaya Suryana, S.I.K., M.H.,memimpin jalannya kegiatan tes urine tesebut.

BACA JUGA :   Cegah Dini Penggunaan Narkoba, Polri Melakukan Tes Urine Massal

Kombes Pol. Ade Yaya menjelaskan tes Urine dadakan tersebut ini sengaja dilakukan untuk mendeteksi dini dan mengantisipasi penyalahgunaan narkoba bagi internal Polri dan PNS Polri dilingkup Polda Kaltim.

“Memang sengaja mendadak dengan maksud untuk mengetahui tingkat kepatuhan anggota terhadap peringatan-peringatan pimpinan Polri.

Dan ini bentuk antisipasi, supaya tidak ada anggota polri maupun PNS yang menjadi pemakai narkoba,” tutur Perwira Menengah Polda Kaltim

BACA JUGA :   Polri-Kejagung-KPK Bakal Tindaklanjuti Dugaan Penyalahgunaan Dana Otsus Papua

Secara bergantian, para anggota dari Ditresnarkoba Polda Kaltim diambil sampel air seni untuk dites urine oleh petugas medis.

Kabid Humas Polda Kaltim menambahkan setelah dilakukan test urine tersebut dengan hasil seluruhnya dinyatakan negatif (tidak mengandung bahan-bahan sejenis Narkoba).

“Anggota kepolisian harus menjadi tauladan dan contoh di masyarakat dalam penanganan serta pemberantasan narkoba.

BACA JUGA :   Bersama Menteri Pariwisata, Kapolri Bahas Penguatan 5 Destinasi Super Prioritas

Sehingga sebelum memberantas narkoba, anggota harus terlebih dahulu bersih dari penyalahgunaan narkoba maupun tidak terlibat dalam peredaran narkoba,” tegas Kombes Pol. Ade Yaya Suryana, S.I.K., M.H.

Oleh karena itu pihaknya akan bersikap tegas menerapkan aturan bagi anggota Polri yang terlibat dalam narkoba akan di pecat.

Maka dari itu ditekankan kepada semua anggota tidak ada yang mengkonsumsi barang haram tersebut. (Trb)

UPDATE CORONA