Atas Dugaan Pencemaran Lingkungan Hidup, Humas PT. IIS Coba Amplopi Wartawan

oleh -315.489 views

IDUL FITRI

Pelalawan I Realitas – Humas PT. Inti Indosawit Subur (IIS) Taufik  menitipkan amplop untuk disampaikan kepada wartawan media ini.

Pemberian amplo itu berkaitan dengan jebolnya kolam limbah pabrik kelapa sawit PT. IIS di Ukui beberapa hari lalu.

REALITAS TV

Humas PT. IIS Taufik saat dikontak perihal jebolnya kolam limbah PKS PT. IIS di daerah Desa Bagan Limau, Kecamatan Ukui, meminta jangan diberitakan.

“Apa pula berita dinaikkan. Dinda berkabar kabar ya, bantu abang ya, taputlah beritanya. Ya izinlah abang.

Karena secara kontek, abang tidak menutup masalah ini ke pemerintah, abang sudah laporkan langsung ke DLH (Dinas Lingkungan Hidup), tukasnya.

Lanjutnya, tim sudah turun semua. Jadi abang minta bantu, beritanya nggak usah dinaikanlah, komitmen abang ke dindalah ya, sip…! Ucapnya mencoba mengiterfensi tugas wartawan media ini secara halus.

BACA JUGA :   Polres Metro Depok Amankan Wanita Muda Pembuang Bayi di RS Depok

Kata Taufik lagi, abang proses semua. Insya allah, besok mudah-mudahan sudah masuk duit punya abang semua.

Abang komunikasikan ya, yang penting sabar, WA-WA-kan abang, jangan lupa ya, pinta Taufik melalui sambungan telefon pada Rabu (3/2/2021) pagi kepada media ini.

Sorenya lagi, Taufik kembali mengontak, meminta berita yang sudah naik tentang jebolnya kolam limbah PKS perusahaan tersebut untuk di close.

“Itulah, konfirmasi, berita langsung naik. Closelah dinda berita itu, besok abang berkabar, nggak enak. Nanti kawan-kawan (wartawan) yang lain pada prasangka semua, mereka nggak naik berita, sementara beritamu naik pula, seraya bertanya bergabung di organisasi wartawan mana?

BACA JUGA :   Gempa M 4,9 Terjadi di Meulaboh, Aceh Barat

Pagi Jumat (5/2/2021) media ini dapat kontak lagi, mengaku dari Taufik dari Pekanbaru. Minta ditemui di warung dekat RS Efarina, Pangkalan Kerinci.

Setelah bertemu disalah satu warung, perwakilan Taufik yang mengaku namanya Ibrahim Pane, langsung menyodorkan amplop warna putih mengatakan, “ini titipan dari pak Taufik tolong diterima,”.

“Titipan ini tidak ada embel embel, hanya untuk demi kita berkawan saja. Pak Taufik bilang, tolong titipan ini disampaikan sama pak Sona.

Saya sudah koordinasi dengan dia,” sebut Pane menirukan Taufik. “Ini hanya sekedar titipan saja dari pak Taufik, bukan untuk menyuap atau menyogok,” ucap Pane.

Menurut keterangan manajemen perkebunan PT. IIS melalui Danton Sitompul yang dihubungi pada Rabu (3/2/2021), pada tangg 1 Februari 2021 sekira pukul 02.00 Wib dini hari, sejumlah kolam limbah PKS PT. IIS jebol.

BACA JUGA :   2 Alat Bukti Terpenuhi Praperadilan Dikabulkan Hakim PN Banda Aceh

Limbah tersebut merembes ke areal HGU perusahaan PT. IIS dan mengalir hingga dibeberapa anak sungai disekitarnya, antara lain, sungai Air Hitam, Sungai Pematang dan lainnya.

Jebolnya kolam limbah PKS PT. IIS itu, diduga telah terjadi pencemaran lingkungan hidup yang hebat di lokasi tersebut.

Akibatnya, areal HGU perkebunan kelapa sawit tergenang limbah cair B3, dan dibeberapa sungai sekitarnya terlihat ikan pada mati, terang M. Daeli yang mengaku sudah melihat langsung lokasi kejadian. (Sona)

UPDATE CORONA

Tentang Penulis: Editor Rahmad Wahyudi

Gambar Gravatar
Rahmad Wahyudi Adalah Wartawan di Media Realitas