Puluhan Cluster Berdiri Diduga Tanpa Kantongi IMB, FWJ Singgung Kinerja Camat Ciracas

oleh -78.489 views

IDUL FITRI

Jakarta | Realitas – Puluhan bangunan liar berbentuk Cluster tegap berdiri tanpa di lengkapi surat Ijin Mendirikan Bangununan (IMB).

Pengerjaan yang sudah berjalan selama 4 bulan ini seakan adanya pembiaran dari Dinas terkait, Camat dan Citata Ciracas, Jakarta Timur

Informasi berkembang yang nyaring terdengar sampai ketelinga Tim investigasi Forum Wartawan Jakarta (FWJ). Ketika ditelusuri kelapangan pada hari Kamis (14/1/2021) benar di dapati puluhan bangunan berbentuk cluster telah berdiri, bahkan sebagian masih dalam proses pengerjaan.

BACA JUGA :   Pangdam XII/TPR : Tingkatkan Kemauan dan Kemampuan Untuk Berlatih

“Cluster-cluster itu berdiri bebas tanpa adanya pengawasan dari Camat dan Citata Kecamatan Ciracas. Artinya itu ada unsur pembiaran dan dugaan kuat adanya permainan pengusaha dalam hal ini pengembang dengan oknum pihak Kecamatan Ciracas.

“Kata Opan selaku Ketua Umum Forum Wartawan Jakarta (FWJ) saat dimintai tanggapannya hasil investigasi tim, Jum’at (15/1/2021).

Berdasarkan keterangan yang di dapat, puluhan bangunan berbentuk Cluster dengan ukuran 5 x 13 meter terletak di Rt 017/09 Kel Ciracas Kec Ciracas ini milik seorang pengembang berinisial (T) yang berkantor di wilayah Cibubur Jakarta Timur. Hal itu dikatakan oleh Iksan selaku Mandor pekerjaan Cluster dilapangan.

BACA JUGA :   DPRD Lampung Timur Rapat Paripurna Perdana, Dalam Acara Pidato Bupati Terpilih

Menurut Iksan, soal IMB dirinya tak mengetahui sama sekali, karena semua ada di pimpinannya. “Saya hanya pekerja pak, untuk surat perijinan kami tidak tau dan hanya pimpinan kami yang tau. “Ucap Iksan.

Selain itu Cluster-cluster yang berdiri bebas tersebut dikatakan Wahid, ketua RT setempat, menyebutkan pihaknya telah mengetahui kegiatan pembangunan cluster, dan ia pernah mengeluarkan surat ijin lingkungan, namun hingga saat ini dirinya belum mengetahui dengan keluar atau tidaknya IMB.

BACA JUGA :   MTQ Kelurahan Cinta Raja Resmi Dibuka Selama Dua Hari

“Kan kalau tidak salah itu ada pergantian pengembang, soal IMB kami belum mengetahuinya. “Ujar Wahid.

Sementara Fajar dari Penertiban dan Pengawasan Lingkungan Kecamatan Ciracas saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp pribadinya juga menyebut belum mengetahui adanya kegiatan pembangunan yang dimaksud, “kami akan meninjaunya minggu depan dengan mengutus staft kalokasi nanti bang. “Tulisnya. (Red)

UPDATE CORONA