Diduga Jadi Kurir Sabu BNNK Pidie Ciduk Warga Binaan LP Sigli dan Oknum Pegawai Kontrak Kejaksaan

oleh -286.489 views

IDUL FITRI

Pidie | Realitas – Diduga Jadi Kurir Sabu BNNK Pidie Ciduk Warga Binaan LP Sigli dan Oknum Pegawai Kontrak Kejaksaan.

Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Pidie berhasil menangkap tenaga kontrak Kejaksaan Negeri (Kejari) Pidie sebagai kurir narkoba jenis sabu.

Petugas menyebutkan dua pelaku, salah satunya oknum pegawai kontrak di Kejaksaan Negeri Sigli, Selasa 19/1/2021.

Kedua pelaku yakni ND (41 tahun) oknum pegawai kontak di Kejari Sigli dan AD (43) warga binaan Rutan Sigli.

Kedua pelaku ditangkap atas kepemilikan sabu-sabu seberat 52.24 gram di Gampong Tamping Tunong, Kecamatan Indrajaya.

Kepala BNNK Pidie AKBP Drs Soelaiman menyebutkan, pihaknya telah menangkap salah seorang kurir narkoba jenis sabu inisial NR pada Minggu (17/1/2021) di jalan Garot Gampong Tamping Kecamatan Indrajaya Pidie, penangkapan tersebut didapati dua bungkus plastik sabu seberat 50,24 gram.

BACA JUGA :   Organisasi PPIPHII Membuka pendaftaran PKPA dan UPA untuk seluruh Indonesia

Dari pengakuan ND (41) bahwa sabu tersebut didapat dari salah seorang berinisial J yang merupakan DPO, setelah mendapatkan narkoba tersebut ND akan memasok ke AD (43) yang merupkan warga binaan Rutan Kelas IIB Sigli dengan imbalan Rp. 1 juta.

“Kami berhasil menangkap seorang Kurir sabu ND di indrajaya, dari pengembangan bahwa sabu ini akan di pasok ke Rutan Sigli melalui AD yang mendekam di penjara,” ujar Soelaiman

Lanjutnya, setelah memastikan sabu tersebut akan di pasok kerutan sigli pihaknya langsung berkoordinasi dengan pihak rutan sigli untuk menangkap AD (43) dan memudahkan pihaknya melakukan penyelidikan dan pengembangan lebih lanjut.

Dari pengakuan AD (43) bahwa sabu yang dibawa oleh ND merupakan pesanannya dari salah satu DPO J dititip kepada ND akan dipasok ke rutan sigli, terkait kasus tersebut pihaknya menggunakan UU nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika pasal 112, 114 dan 115 dengan ancaman 5 sampai 12 tahun penjara terhadap kedua pelaku.

BACA JUGA :   Kronologi OTT Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah dan Uang Rp 2 M Disita KPK

“Kami juga menangkap salah satu bandar yang berada di rutan sigli dari pengakuannya bahwa sabu ini didapat dari saah satu DPO narkoba,” jelas Soelaiman

Sementara Kejari Pidie Gembong Priyanto SH MH melalui Dahnir Kasi Pidum menyampaikan, bahwa ND (41) bukan PNS di Kejari Pidie namun tenaga bakti dan di perbantukan back up pengawalan tahanan, pihaknya telah memeriksa seluruh barang bukti dari perkara yang sedang ditangani oleh Kejari Pidie tidak ada yg hilang atau pun cacat, dipastikan BB dari ND diluar dari perkara yang ada.

Pihaknya mendukung penuh penegakan hukum yang dilakukan oleh BNNK Pidie, supaya penegakan hukum tersebut dilakukan berdasarkan prosedur hukum yang berlaku dan pihak tetap mengedepankan tidak ada suatu kesalahan sebelum ada petusan pengadilan seluruhnya berlaku pada staf Kejari Pidie.

BACA JUGA :   LSM LASKAR Desak Polda Aceh Tuntaskan Dugaan Minerba di Kabupaten Aceh Selatan

“ND ini salah satu tenaga bakti dan mengawal tahanan, kami mendukung segala upaya hukum yang dilakukan oleh BNNK Pidie dalam menumpas narkoba di Pidie,” ujar

Sementara itu Kepala Rutan Kelas IIB Sigli Faisal mengatakan, pihaknya mengakui AD salah satu warga binaan Rutan Kelas IIB Sigli dan pihaknya membuka akses sebesarnya kepada penegak hukum jika ada Petugas Rutan atau warga binaan yang melanggar hukum yang berlaku dan tidak ada toleransi bagi pelanggar hukum.

Untuk warga binaan AD yang menjadi tersangka kasus kepemilikan sabu sudah dimasukan dalam diregister R dimana Warga binaan tersebut sudah tidak ada proses pembinaan. (*)

UPDATE CORONA