Akibat Penggunaan Hp Didalam Lapas dan Rutan Bebas, Narkoba Semakin Marak Dalam Lapas : Kakanwil Kumham Aceh Segera Kita Tertipkan

oleh -307.489 views
Ketua YLBHIM Aceh Muhammad Nazar,

IDUL FITRI

Banda Aceh I Realitas – Akibat penggunaan Hp didalam Lapas dan Rutan Bebas Narkoba semakin marak dalam Lapas, Kakanwil Kumham Aceh segera kita tertipkan.

Ketua Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Iskandar Muda (YLBHIM) Aceh Muhammad Nazar, menuding akibat penggunaan telpon selular (HP) didalam Lapas atau Rutan di Aceh, semakin bebas beredar Narkotika di dalam Lapas.

Seperti kita ketahui akhir akhir ini di beberapa Lapas di Aceh tertangkapnya Napi dalam lapas pada saat transaksi Narkoba, ujar Muhammad Nazar, kepada media ini Rabu (20/2/2021).

Seperti kita ketahui di beberapa Lapas di Aceh pihak BNN juga berhasil menangkap oknum oknum yang selama ini sudah mendapatkan hukuman akibat menjual atau menggunakan narkotika.

BACA JUGA :   Kemendikbud Ajukan Anggaran Bantuan Kuota Internet Tahun 2021 Sebesar Rp2,6 Triliun

Seperti di beberapa Lapas berhasil di gagalkan oleh petugas Lapas, Polisi dan pihak BNN, Lapas Kls IIB Langsa, Lapas Lhokseumawe, dan terakhir kemarin Napi Lapas Kls IIB Sigli, ujar Nazar.

Kita minta Kakanwil Kumham Aceh, dan Kalapas, Karutan dengan serius basmi Narkotika yang peredaran nya dikendali oleh oknum napi yang sekarang di dalam Lapas, ujar nya lagi.

Di beberapa lapas di Aceh harus serius pak Kanwil awasi, persualan Narkotika tidak akan berakhir apabila pelaku yang sedang dihukum dalam lapas masih ada akses komunikasi keluar lapas, dan Kakanwil juga harus tindak oknum yang ikut kerja sama dengan Napi di Lapas yang kerja main main.

BACA JUGA :   Dua Personel Koramil 01/Bukittinggi Ajak Warga Patuhi Protokol Kesehatan

Peredaran Narkotika di Lapas bukan semakin berkurang, tapi semakin bertambah ini akibat petugas tidak menindak secara tegas, Hp faktor utama yang harus dibasmikan mulai sekarang, tutup Nazar.

Sementara itu Kakanwil Kemenkumham Provinsi Aceh, HENI YUWONO. Bc.I.P., S.Sos., M.Si, yang dihubungi Media ini Selasa (19/1/2021), sore via WhatsApp, sepakat dan segera membasmi peredaran Narkotika di Lembaga Pemasyarakatan (Lp) dan rumah tahanan, termasuk akan menyita Telpon selular (Hp) didalam lapas, ini akan kita lakukan segera, ujar nya.

Lebih lanjut Heni menyebutkan upaya berantas narkoba dan Hp di Lp /Rutan, menjadi target utama seluruh jajaran pemasyarakatan dan Kumham Aceh, ujar nya.

BACA JUGA :   Sosialisasi PPKM Skala Mikro, Polres Sergai Bagi 250 Masker Kepada Masyarakat

Memang perlu terus kita bina dan tingkatkan bintorwasdal (pembinaan, monitor, pengawasan dan pengendalian) internal dan yang tidak kalah penting kolaborasi dan koordinasi masi, seimbang dengan stekholder ekternal (agakum dan instansi terkait) serta teman teman media yang menurut pendapat saya sangat besar peranannya dan penting dalam rangka memberi informasi dan edukasi kepada masyarakat.

Sanksi tegas juga sudah di sampaikan pak menteri dan sekjen, dirjen bagi petugas yang terlibat peredaran Narkoba maupun Hp jadi upaya, pemberantasan terus kita lakukan pak, ujar Heni.

Saya sangat mengapresiasi kepada teman teman Pres yang membantu menginformasikan langkah langkah kita kepada masyarakat, tutup Heni. (Red)

UPDATE CORONA