11 Gampong Di Kota Langsa Cair DD Tahap Pertama, Wakil Walikota Langsa Beri Apresiasi

oleh -122.489 views
Wakil Walikota Langsa, Dr H Marzuki Hamid MM.

IDUL FITRI

Langsa | Realitas – Wakil Walikota Langsa, Dr H Marzuki Hamid MM, memberikan ucapan penghargaan dan apresiasi setingi-tingginya kepada berbagai pihak karena dari 66 Gampong, 11 diantaranya telah cair Dana Desa (DD) tahap I tahun 2021, Kamis (14/01/2021).

Sambung Marzuki kepada pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong (DPMG) Kota Langsa, BPKD, Geuchik, P3MD Kota Langsa, Kepala KPPN Kota Langsa dan para Camat, yang telah bekerja keras dalam proses pencairan Dana Desa (DD) yang tercepat dan terbanyak di Aceh Tahap I untuk 11 Gampong di Kota Langsa.

Hal ini juga sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 222/PMK.07/2020
dengan pencairan sebesar Rp3.841.892.400 dan sesuai dengan SP2D Nomor :210021301000047 serta SP2D
Nomor : 210021301000001 tanggal 14 Januari 2021.

BACA JUGA :   Penundaan Qanun Lks, Pemerintah Aceh Tidak Konsisten ?

“Kota Langsa juga termasuk salah satu kab/kota yang termasuk dalam 10 besar tercepat dalam penyaluran DD tahap I Se-Indonesia,” ungkap Marzuki.

Adapun 11 Gampong yang sudah cair DD terdiri dari, Gp. Teulaga Tujuh, Gp. Seulalah Baru, Gp. Matang Seulimeng, Gp. Alue Dua Bakaran Batee, Gp. Meurandeh Tengah, Gp. Sidodadi, Gp. Timbang Langsa, Gp. Baro, Gp. Suka Jadi Makmur, Gp. Simpang Lhee, dan Gp. Sungai Pauh.

“Atas nama Pemko Langsa sekali lagi mengucapkan apresiasi dan penghargaan kepada 11 Geuchik dan Pemerintahan Desa atas kinerjanya untuk percepatan pencairan Dana Desa Tahap I ini dan meminta agar segera memanfaatkan dan mempergunakan dana tersebut.

BACA JUGA :   Peran Babinsa Nogosari Dalam Hal Ketahanan Pangan Di Wilayahnya

sesuai dengan program kegiatan yang telah dituangkan dalam APBG Gampong tahun 2021 dengan mempedomi peraturan dan ketentuan dalam pengelolaan Dana Desa tersebut,”imbuhnya.

Sementara itu Kadis DPMG Kota Langsa, Al Azmi SSTP MAP, menyatakan meminta kepada Gampong yang lain untuk segera mempersiapkan dokumen dan persyaratan untuk pencairan Dana Desa Tahap I sesuai dengan persyaratan yang telah di tetapkan sesuai peraturan.

Dijelaskan Azmi, yang musti dipersiapkan Gampong yakni seperti Peraturan Walikota Langsa Nomor 1 Tahun 2021 tentang tata cara pembagian, penetapan rincian Dana Gampong pada masing-masing Gampong dan Prioritas Penggunaan Dana Gampong di Kota Langsa Tahun 2021.

BACA JUGA :   Polantas Siaga Dilokasi Bencana Alama Tanah Longsor Dilintasan Bireun-Takengon

Untuk selanjutnya, surat kuasa pemindahbukuan Dana Desa dari Walikota Langsa, serta dokumen APBG Gampong. Dari persyaratan di atas Pemerintah Gampong hanya mempersiapkan dokumen APBG Gampong dan segera melakukan proses pencairan Dana Desa Tahap I tersebut melalui instansi terkait.

“Pada intinya pihak DPMG terus medorong Pemerintahan Gampong kira mempercepat proses pencairan DD tahap I untuk digunakan masing-masing Gampong demi kemaslahatan umat,” pungkasnya. (Rapian).