Satgas Yonif 642 Kapuas Bantu Puskesmas Desa Aruk Berikan Imunisasi DPT Kepada Anak

oleh -114.489 views

IDUL FITRI

Sambas I Realitas – Satgas Pamtas Yonif 642/Kps, Pos Gabma Sajingan membantu Puskesmas Desa Aruk berikan Imunisasi DPT kepada siswa SD 01 Aruk Desa Sebunga, Kecamatan Sajingan, Kabupaten Sambas, Kalbar, Selasa (24/11/2020).

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh 3 orang Tim Kesehatan Satgas Yonif 642/Kps, Pos Gabma Sajingan dipimpin oleh Sertu Galoh bersama dengan Perawat Puskesmas Desa Aruk.

Dansatgas Yonif 642/Kps, Letkol Inf Alim Mustofa mengatakan kegiatan yang dilaksanakan anggotanya merupakan salah satu bentuk kepedulian Satgas Yonif 642/Kapuas kepada masyarakat perbatasan dalam bidang kesehatan.

BACA JUGA :   Aksi Save Maninjau, Gerakan Bersih Dan Terhindar Dari Penyakit

“Kita selalu berkoordinasi dengan instansi terkait untuk bersama sama memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di perbatasan agar kualitas kesehatan masyarakat tetap terpelihara dengan baik.” Ujar Dansatgas.

Ibu Ida (35) salah satu Perawat Puskesmas Desa Aruk menjelaskan bahwa vaksin DPT ini diberikan sebagai imunisasi lanjutan atau booster pada anak untuk mencegah tiga penyakit, yakni difteri, pertusis (batuk rejan), dan tetanus.

BACA JUGA :   DKD GARDA PRABOWO Peduli Korban Banjir Bandang di Tugu Mas Cisarua, Kabupaten Bogor

“Vaksin ini bekerja dengan cara memasukkan bakteri difteri, pertusis, dan tetanus yang sudah dilemahkan ke dalam tubuh, kondisi ini akan memicu sistem kekebalan tubuh manusia untuk memproduksi antibodi dalam memerangi infeksi dari ketiga penyakit tersebut jika sewaktu-waktu menyerang.” ujarnya.

BACA JUGA :   Kejagung Tangkap Buron Pembobol Bank BUMD Rp 548 M di Bali

Satgas Yonif 642/Kapuas disamping tugas pokok nya menjaga perbatasan, juga memberikan bantuan dalam bidang kesehatan khususnya dalam hal pelayanan kesehatan kepada masyarakat perbatasan agar kondisi kesehatan masyarakat tetap terjaga dengan baik serta selalu berkoordinasi dengan instansi terkait agar terjalinnya hubungan yang baik antar Instansi dengan personel Satgas di perbatasan. (*)