47 Orang Tersangka Pencurian Kendaraan Bermotor Terjaring Operasi Jaran Kalimaya Polda Banten

oleh -63.489 views

IDUL FITRI

Serang I Realitas – 47 Orang Tersangka Pencurian Kendaraan Bermotor Terjaring Operasi Jaran Kalimaya Polda Banten.

Sebanyak 61 kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor) diungkap Polda Banten selama operasi Jaran Kalimaya pada periode Oktober-November yang berlangsung selama sepuluh hari.

Ada 185 kendaraan roda dua dan 31 mobil diamankan diamankan dari hasil pencurian oleh berbagai jaringan kejahatan.

IDUL FITRI

Total ada puluhan tersangka dan paling banyak diungkap oleh Polresta Tangerang. “Jadi ada 47 tersangka dengan modus menggunakan kunci leter T,” kata Kapolda Banten Irjen Fiandar di Mapolda Banten, Jalan Syekh Nawawi Al Bantani, Serang Rabu (18/11/2020).

BACA JUGA :   Polsek Singingi Bakar 3 Rakit Peti, Para Pelaku Kabur

Ia mengatakan, kendaraan yang diamankan dari para tersangka ini oleh warga bisa diambil di masing-masing Polres se-Banten. Warga yang merasa kehilangan diminta membawa surat-surat lengkap sebagai syarat pengambilan.

Dir Krimum Polda Banten Kombes Martri Soni menjelaskan 47 orang tersangka itu melakukan pencurian di 58 tempat se-Banten. Mereka merupakan pencuri kambuhan yang menyasar kendaraan mulai dengan berbagai modus.

“Ada yang pinjam lalu dibawa kabur, modus penyewaan, ada juga perampasan dan ada yang pakai senjata tajam,” ujarnya.

BACA JUGA :   Babinsa Koramil 03/Ngadirojo Dampingi Distribusi BSP Di Desa Binaan

Paling banyak, kendaraan khususnya roda dua diambil dari perumahan, tempat parkir dan lokasi yang minim pemantauan pemilik. Sebab itu, ia meminta warga untuk menggunakan kunci ganda untuk pengamanan ekstra kendaraan pribadi.

Menurut Soni, selama periode Maret-Mei 2020 kejahatan curanmor memang mengalami penurunan karena pandemi Corona. Tapi, di triwulan selanjutnya, justru ada peningkatan jumlah pencurian khususnya saat diterapkan new normal.

47 tersangka kasus curanmor itu bisa diganjar Pasal 363, 365, 480 dan Pasal 481 KUHP dengan ancaman hukumannya sampai 7 tahun penjara. Irjen Fiandar langsung menyerahkan satu kendaraan roda empat dan roda dua ke warga yang kehilangan.

BACA JUGA :   Manfaatkan Lahan Kosong, Kopda Erianto Salurkan Hobi dengan Berkebun dan Beternak Sapi

Seorang warga bernama Faisal yang kehilangan mobil merasa berterima kasih karena mobil cicilannya bisa kembali usai dicuri selama tiga hari. “Pas di garasi rumah dicuri, padahal alarm ada, terima kasih karena sudah diungkap selama 3 kali 24 jam,” ujar Faisal. (Dtc)