1 Orang Positif Covid Dan 1 Meninggal, Petugas Kes Aceh Singkil Lakukan Tracing Kotak Erat

oleh -118.489 views
Keterangan foto: PLT. Kepala Dinas Kesehatan Aceh Singkil Nurman, Selasa (24/11/20) melaporkan Penambahan 11 orang Positif Covid-19 di Aceh Singkil.

IDUL FITRI

Aceh Singkil | Realitas – Di Aceh Singkil dilaporkan bertambah satu orang terkonfirmasi positif covid-19, dan Satu orang Meninggal Dunia, petugas kesehatan langsung lakukan ” Tracing kontak erat “. Hal itu ungkap Plt. Kepala Dinas Kesehatan Aceh Singkil Nurman.

Update data Sekretariat Gugus Tugas Percepatan Penganan Covid-19 Kabupaten Aceh Singkil, Selasa 24 November 2020 pukul 17.30 Wib.

Warga Aceh Singkil terkonfimasi positif covid-19 sedikitnya sudah mencapai 173 orang. Hal itu terjadi sejak 6 Agustus 2020 sampai dihari Selasa 24 November 2020,

Dari 173 Warga Aceh Singkil terkonfirmasi Positif Covid -19 dilaporkan tercatat Sudah sembuh 150 orang, lagi menjalani isolasi mandiri 12 orang, di rawat di rumah sakit umum daerah Singkil 6 orang, meninggal dunia 5 orang.

Tim Satgas covid-19 Kabupaten Aceh Singkil melalui PLT. Dinanas Kesehatan Aceh Singkil Nurman kepada Realitas, di Ruang kerjanya (24/11/2020) mejelaskan, hari ini ada satu orang bertambah Positif sebagaimana dari hasil salinan swab yang di terima dari Laboratorium Penyakit Infeksi Unsiyah Banda Aceh Selasa 24 November 2020.

BACA JUGA :   Qanun LKS (Lembaga Keuangan Syariah) Ketidak Setujuan Masyarakat, Khususnya Mahasiswa Menunda Bahkan Mencoba Untuk Membatalkan Qanun Tersebut

dari 4 sampele tes swab dikirim Lab Unsiyah Banda Aceh terdapat 1 orang yang terkonfirmasi positif, inisial MR 15 tahun laki-laki Gunung Lagan Kecamatan Gunung Meriah, Aceh Singkil. Selanjutnya pihak Dinkes kabupaten Aceh Singkil akan melaksanakan traking.

” Senenta yang meninggal diketahui 3 hari yang lalu pasien inisial D 58 tahun Laki-laki Kecamatan Singkil Utara, Aceh Singkil, dia memiliki riwayat penyakit” Ujar Nurman.

Adapun kronologiisnya sebut Nurman menambahkan,. Pasien Pasien D ( 54 Th ) merupakan seorang Nelayan, 1 bulan yang lalu pasien pergi berobat ke RSUD Kabupaten Aceh Singkil, dikarenakan dia penyakit Hepatitis B. T

BACA JUGA :   PPKM Berjalan Sepekan, 460 Pelanggar Protokol Kesehatan di Kota Pahlawan yang Didenda

anggal 09 November 2020 pasien D kembali ke RSUD Kabupaten Aceh Singkil dikarenakan lemas Hb rendah dan dilakukan transfusi darah.

Tanggal 10 November 2020 di rujuk ke RSUD ZA Banda Aceh dikarekan pasien D ( 54 Th) dengan kondisi yang buruk sel darah putih pasien lebih dominan dari pada sel darah merah.

Tanggal 12 November 2020 pasien sampai di RSUD ZA Banda Aceh, dan dilakukan pemeriksaan swab dan pada hari itu juga hasil swab keluar. Tanggal 15 November 2020 pasien sudah membaik dan sudah bisa pulang ke rumah.

Lebih lanjut Nurman menyebutkan, upaya yang telah dilakukan Tim Dinas Kesehatan Aceh Singkil yang berkoordinasi dengan tim Puskemas Singkil Utara melalui petugas Surveilans Puskemas melakukan wawancara via telpon dengan salah satu anggota dari keluarga pasien untuk mengetahui perjalanan kasus penyakit yang dialami pasien. Dan kemudian mengkoordinasikan dengan Tim Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Singkil.

BACA JUGA :   ¬†Petugas Menggagalkan, Seorang Wanita Menyelundupkan Sabu di Dalam Bingkisan Popcorn

Dalam ” TRACING KONTAK ERAT ” hal ini ditemukan kontak erat dengan kasus terkonfirmasi positif atas nama D (58 Th) di Desa Gosong Telaga Utara Kecamatan Singkil Utara sebanyak 20 orang, namun tidak ada yang bergejala. Dan sudah dianjurkan untuk melakukan isolasi mandiri dirumah.

Diakhir pennjelannya Nurman dikesempatan itu penyampaian himbauan kepada seluruh masyarakat Aceh Singkil agar tetap menjalankan protokol kesehatan dan meningkatkan kedisiplinan diri, Ingat covid ingat masker salam sehat. Ucap Nurman. (Rostani)