Renovasi Lift Berujung Kebakaran Bikin Khawatir Anggota Dewan

oleh -109.489 views

IDUL FITRI

Jakarta I Realitas – Renovasi Lift Berujung Kebakaran Bikin Khawatir Anggota Dewan.

Peristiwa terbakarnya lift di Gedung Nusantara I Kompleks DPR/MPR menyisakan kekhawatiran anggota dewan. Para wakil rakyat itu menilai ada kelalaian dalam proyek peremajaan lift kompleks parlemen itu.

REALITAS TV

Kebakaran hebat lift anggota DPR di Gedung Nusantara I, Kompleks DPR/MPR, Senayan, Jakarta, terjadi pada Selasa (29/9). Kebakaran terjadi dari proyek peremajaan lift. Ada tumpukan kabel yang terciprat alat las. Hal tersebut menimbulkan asap menyebar hingga ke lorong-lorong gedung DPR RI.

Pimpinan DPR pun menyoroti kinerja kontraktor yang melakukan proyek peremajaan lift di gedung DPR itu. Pengerjaan renovasi lift dinilai ada kecerobohan sehingga menyebabkan adanya kebakaran.

BACA JUGA :   Temuan Inspektorat Pengunaan DD/ADD Desa Kesuma Telah Dikembalikan

“Itu kan dalam rangka renovasi lift, ngelas-ngelas. Rupanya ngelas-ngelas itu kabelnya keleleran, kebakaran,” ujar Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad kepada wartawan.

“Memang ceroboh sih itu,” imbuh Ketua Harian Gerindra itu.

“Ya memang proyek untuk meningkatkan kualitas (lift) betul-betul harus dipantau. Faktor keamanannya itu, para pekerja harus diutamakan. Karena ini kantor tinggi ya. Jadi menurut saya, itu harus jadi pertimbangan juga,” kata Saleh di kompleks MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (30/9/2020).Sementara itu Anggota Komisi IX DPR RI Saleh Partaonan Daulay meminta agar proses peremajaan lift kemarin dipantau. Ia menyoroti soal faktor keamanan dalam proyek renovasi Gedung DPR.

Elite PAN ini juga menyarankan agar ada pemeriksaan rutin apabila lift tersebut sudah selesai diperbaiki. Sebab, Saleh mengkhawatirkan keamanan lift itu.

“Dan setelah (lift) jadi, pengecekan rutin harus dilakukan secara beberapa minggu sekali. Karena kita tidak mau juga lift-liftnya itu malah tidak standar dan tidak aman. Karena bayangin kan kalau tidak aman, kan takut untuk naik ke situ,” ucapnya.

BACA JUGA :   H A Muthallib Ketua YARA Langsa, Kuasa Hukum Zainal :  Humas Pemko Langsa Sudah Melakukan Pembohongan Publik

Saleh juga menyoroti soal transparansi anggaran dalam proyek peremajaan lift di gedung Nusantara I DPR RI. Menurutnya, anggaran tersebut harus transparan ke publik.

“Iya dong, harus transparan. Kalau misalnya ada perbaikan-perbaikan, harus transparan. Kalau perlu, ada akuntan publik yang mendampingi sehingga dengan demikian kita tidak lagi ada kecurigaan yang berlebihan dari masyarakat terkait itu,” kata Saleh.

UPDATE CORONA