Muspika Darul Falah Lakukan Sosialisasi Qanun Aceh di Aula Kantor Camat Darul Falah

oleh -96.489 views

IDUL FITRI

Aceh Timur I Realitas – Muspika Darul Falah lakukan Sosialisasi Qanun Aceh di Aula Kantor Camat Darul Falah.

Salah satu program dan rencana kerja Muspika Darul Falah adalah melakukan Sosialisasi Qanun Aceh kepada semua lapisan masyarakat yang ada di wilayahnya.

BACA JUGA :   Hari Pertama Operasi Zebra, Ditlantas Polda Aceh Keluarkan 546 Lembar Tilang

Camat Darul Falah Padri, S. Pd dalam sambutannya meminta dukungan dari seluruh warga masyarakat Darul Falah untuk dapat memahami hak dan kewajibannya supaya tidak tersangkut dengan persoalan hukum pidana atau lainnya.

BACA JUGA :   Angota DPRD Andi Lestari Tutup Bulan Bakti Karang Taruna Dengan Membersihkan Pulau Pandang Batu Bara

UPDATE CORONA

Camat Darul Falah Padri, S. Pd memberikan kata-kata sambutannya

Danramil Nurussalam Kapten Inf Noverlan juga memberikan sedikit gambaran bahwa kita sebagai masyarakat harus mengenali dan mentaati hukum dalam arti kata masyarakat harus memahami segala bentuk dan proses hukum serta menghindari tindakan yang melawan hukum.

Rabu, 14/10/2020 Kapolsek Nurussalam Iptu Abdullah, S. Sos kepada para Keuchik, Perangkat Desa, Tuha Peut, Pemuda dan Tokoh Masyarakat menyampaikan agar bisa bekerjasama dalam kegiatan penyerluasan informasi hukum dan pemahaman terhadap norma hukum dan juga peraturan perundang-undangan yang berlaku serta pengembangan kualitas guna mewujudkan dan mengembangkan kesadaran hukum masyarakat sehingga terciptanya budaya hukum dalam bentuk tertib dan patuh terhadap norma hukum yang berlaku demi tegaknya supremasi hukum.

Danramil Nurussalam Kapten Inf Noverlan memberikan sedikit gambaran hukum

Kegiatan ini bertujuan untuk membangun kesadaran hukum di masyarakat mengingat banyak masyarakat kita yang belum mengerti dan memahami tentang hukum dan prosesnya.

Materi Khusus yang disampaikan oleh Kapolsek Iptu Abdullah S. Sos antara lain ialah Sosialisasi Qanun Aceh No 9 Tahun 2008 Tentang Pembinaan Kehidupan Adat dan Adat Istiadat, Qanun NAD No 10 Tahun 2008 tentang Lembaga Adat, Pergub Aceh No 60 Tahun 2013 Tentang Pelaksanaan Penyelesaian Sengketa/Perselisihan Adat Istiadat, serta Keputusan Bersama Gubernur Aceh, Kapolda Aceh dan Ketua MAA Aceh.

Kapolsek Nurussalam Iptu Abdullah, S. Sos sebagai pemateri sosialisasi Qanun Aceh 

 Nomor : 189/677/2011

Nomor : 1054/MAA/XII/2011

Nomor : B/121/I/2012

Tentang Penyelenggaraan Peradilan Adat di Gampong dan Mukim atau Nama Lain di Aceh.

Semoga dengan adanya Sosialisasi ini dapat membawa manfaat yang dapat diteruskan kepada masyarakat, tutupnya. (Riza Rahmad)