Ini Cara Satgas Pamtas Yonif 312/KH Tingkatkan Ketahanan Pangan Di Perbatasan

oleh -202.579 views

Keerom I Realitas – Ini Cara Satgas Pamtas Yonif 312/KH Tingkatkan Ketahanan Pangan Di Perbatasan.

Dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan selama melaksanakan pengamanan di perbatasan negara, Pos Yuruf Satgas Pamtas Yonif 312/Kala Hitam memanfaatkan lahan tidur untuk menanam berbagai macam sayur mayur di Kampung Yuruf, Distrik Yaffi, Kabupaten Keerom, Papua. Kamis (1/10/2020).

Hal tersebut disampaikan Dankipur I Satgas Pamtas Yonif 312/KH Kapten Inf Rasam dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Keerom, Papua. Kamis (01/10/2020).

Rasam mengatakan bahwa untuk mencegah krisis pangan sebagai dampak pandemi covid-19, Pos Yuruf Satgas Pamtas Yonif 312/KH melakukan berbagai upaya untuk mengantisipasi agar kekhawatiran itu tidak terjadi. Saat ini Satgas mensiasatinya dengan memanfaatkan lahan tidur agar produktif dengan menanami sayur-sayuran.

BACA JUGA :   Prediksi Rio Ave vs Arouca, 20 April 2024

“Ini merupakan bagian dari upaya kami untuk ikut serta mendukung program ketahanan pangan, memanfaatkan lahan kosong untuk bercocok tanam sayuran seperti kacang pancang, buncis, terong, cabai, sosin, kangkung, tomat. Selain menjadi bentuk kemandirian dari prajurit, hasil panen sayuran pun dimanfaatkan untuk membantu masyarakat sekitar secara berkelanjutan,” kata Rasam.

“Ini merupakan bentuk sinergitas kemanunggalan TNI dan rakyat, dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat yang terdampak Covid-19, khususnya di wilayah perbatasan, salah satu dampak positifnya adalah terciptanya situasi kehidupan bermasyarakat yang aman dan kondusif,” tambah Rasam.

BACA JUGA :   Pemerintah Aceh-Haji Uma, Bantu Pemulangan Jenazah Suheri

Kegiatan ini sekaligus mensosialisasikan kepada warga mengenai manfaat sayur-mayur dan buah, karena keduanya mengandung vitamin dan mineral, serta serat yang dibutuhkan tubuh setiap hari.

Beberapa vitamin dan mineral penting yang terkandung dalam sayur dan buah adalah vitamin A, vitamin C, vitamin E, magnesium, seng, kalium, fosfor, dan asam folat. Kandungan-kandungan ini tentu dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dan juga berguna untuk mencegah berbagai macam penyakit. (*)