Tim Reskrim Polres Langsa Berhasil Amankan Pencurian Sepeda Motor Dalam Waktu Yang Tidak Lama.

oleh -180.489 views

IDUL FITRI

Langsa I Realitas – Tim Reskrim Polres Langsa Berhasil Amankan Pencurian Sepeda Motor Dalam Waktu Yang Tidak Lama.

Pada Konfrensi Pers Kapolres AKBP Giyarto,.SH,. SIK, melalui Kasat Reskrim, Iptu Arief Sukma Wibowo, SIK, kepada sejumlah Wartawan kamis (17/09/2020) menyebutkan dalam waktu yang tidak lama memburu palaku berhasil kita aman, ujar Kasat Reskrim.

Bekerja keras setelah menerima laporan Polisi Nomor : LP/ 121 /VII/ 2020/ ACEH/ Res Langsa, Tanggal 29 Juli 2020. Laporan Polisi Nomor : LP/ 21 /IX/ 2020/ ACEH/ Res Langsa/Sek L. Kota, Tanggal 10 September 2020. Laporan Polisi Nomor : LP/ 143 /IX/ 2020/ ACEH/ Res Langsa, Tanggal 16 September 2020 Laporan Polisi Nomor : LP/ 145 /IX/ 2020/ ACEH/ Res Langsa, Tanggal 16 September 2020.

IDUL FITRI

Uraian singkat kejadian perkara.

Telah terjadi Pencurian dengan pemberatan sebanyak 4 (empat) TKP di Wilayah hukum Polres Langsa, antara lain :

TKP Pertama pada hari Rabu tanggal 29 Juli 2020 sekira Pukul 09.00 Wib, bertempat di Toko My Tex Langsa (toko kain) yang beralamatkan Jln. iskandar Sani Gampong Daulat Kecamatan Langsa Kota Pemko Langsa Propinsi Aceh, kerugian materil Rp. 71.350.0000,-(tujuh puluh satu juta tiga ratus lima puluh ribu rupiah) Milik Korban An. M. NASIR BIN M. YUSUF.

TKP Kedua pada hari Rabu tanggal 19 Agutus 2020 sekira Pukul 03.30 Wib, bertempat di Toko Puncak Timur yang beralamatkan di Jln. Rel Pajak Ikan Gampong Teungoh Kecamatan Langsa Kota Pemko Langsa Propinsi Aceh, kerugian materil Rp. 25.000.000,-(dua puluh lima juta rupiah) Milik Korban an. CENG YANG.

BACA JUGA :   Kasus Positif Covid-19 di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Bogor Meningkat

TKP Ketiga pada hari Kamis tanggal 27 Agustus 2020 sekira Pukul 03.30 Wib, bertempat di Toko Teratai Langsa (toko beras) yang beralamatkan Jln. Terminal Lama Gampong Blang Seunibong Kec. Langsa Kota Pemko Langsa Propinsi Aceh, kerugian materil Rp. 5.000.000,-(lima juta rupiah) Milik Korban An. FARID AL ASA’AD BIN SOFIAN.

TKP Keempat pada hari Kamis tanggal 10 September 2020 sekira Pukul 04.30 Wib, bertempat di Toko Alfamart yang beralamatkan di Jln. Ahmad Yani Gampong Teungoh Kecamatan. Langsa Kota Pemko Langsa Propinsi Aceh kerugian materil Rp. 3.091.000-(tiga juta sembilan puluh satu ribu rupiah) Milik Korban an. M. AMIR IRIANSYAH.

Yang dilakukan oleh TSK di Empat tempat kejadian dengan cara TSK membobol 4 (empat) toko dengan menggunakan alat bantu berupa 1 (satu) buah obeng dan 1 (satu) Balok Kayu (DPB) kemudian pelaku mengambil barang – barang berharga yang berada didalam toko tersebut dan uang hasil pencurian tersebut digunakan oleh pelaku untuk membeli Narkotika jenis Shabu dan untuk kebutuhan sehari-hari serta uang yang disita dari pelaku sejumlah Rp. 4.000.000;-(empat juta rupiah).

BACA JUGA :   Roger Melles Tokoh Pemuda Papua Minta Pandam Jaya, Jangan Berlebihan Dengan Menurunkan Baliho HRS dan Mau Bubarkan FPI

Pengungkapan, Setelah dilaksanakan penyelidikan oleh Kasat Reskrim Polres Langsa beserta Anggota dan berkat kerja sama dengan masyarakat di sekitar beberapa TKP, Kemudian pada hari Rabu tgl 16 September 2020 sekira Pukul 05.00 Wib bertempat di Pasar Ikan Gampong Blang Seunibong Kecamqtan Langsa Kota Pemko Langsa Provinsi Aceh telah dilakukan penangkapan terhadap pelaku an. SY (inisial) Dan Pelaku an. RS  Inisial) berikut dengan barang – bukti, adapun pelaku ditangkap karena diduga telah melakukan tindak pidana pencurian dengan pemberatan sebanyak 4 (empat) TKP di Wilkum Polres Langsa dan kemudian tersangka, beserta barang bukti dibawa Ke Polres Langsa untuk di proses lebih lanjut.

Modus operandi Adapun modus operandi pelaku melakukan pencurian di empat TKP tersebut yaitu dengan cara membobol 4 (empat) toko dengan menggunakan alat bantu berupa 1 (satu) buah obeng dan 1 (satu) Buah Balok Kayu, kemudian pelaku mengambil barang – barang berharga yang berada didalam toko tersebut dan uang hasil pencurian tersebut digunakan oleh pelaku untuk membeli Narkotika jenis Shabu dan untuk kebutuhan sehari-hari serta uang yang disita dari pelaku sejumlah Rp. 4.000.000;-(empat juta rupiah).

Tersangka yang berhasil diamankan

Nama : SY (inisial)

Umur : 44 tahun

Pekerjaan : Wiraswasta

Alamat : Jln. Safiatuddin Gampong Blang Seunibong Kec. Langsa Kota Pemko Langsa Provinsi Aceh
Keterangan Tsk : Pelaku Utama

BACA JUGA :   Pupuk Bersubsidi Menghilang, Petani Padi Meradang

Nama : RS (inisial)

Umur : 37 tahun

Pekerjaan : Pedagang

Alamat : Dusun Balee Gampong Sungai Pauh Kec. Langsa Barat Pemko Langsa Provinsi Aceh

Keterangan Tsk : Pelaku Turut Serta melakukan Kejahatan

BARANG BUKTI

1 (satu) buah obeng merk Ameritech. (alat bantu yang digunakan oleh tersangka untuk merusak dan masuk kedalam Toko)

Uang tunai Rp. 4.000.000,-(empat juta rupiah)

1 (satu) unit sepeda motor Merk Yamaha Xeon warna putih merah dengan No. Pol BL 4123 UAJ, Nomor Rangka :

MH31LB001DK116102, Nomor Mesin : ILB – 116053, beserta Kunci sepmor tersebut

1 (satu) potong baju kaos lengan pendek warna hitam merk KID2ROCKER

1 (satu) potong celana jeans panjang warna biru merk Levi’s

1 (satu) potong jaket zipper warna abu – abu Merk Black Pearl

1 (satu) Potong Baju Kaos Merk CF warna Kuning

PASAL

Pasal 363 Ayat 2 Subs Pasal 65 KUHPidana (Pasal Untuk Tsk SY) Pasal 363 Jo 55, 56 KUHPidana (Pasal Untuk Tsk RS)

Langkah langkah yang sudah dilakukan.

Melakukan pemeriksaan terhadap saksi pelapor dan saksi-saksi

Mendatangi TKP

Mengamankan tersangka dan BB

Melengkapi Mindik

Melaporkan kejadian tersebut kepada pimpinan.

RENCANA TINDAK LANJUT

Melengkapi Mindik.

Melakukan koordinasi dengan Kejari Langsa.

Kirim Berkas Perkara Tsk Ke JPU (Tahap I) Kirim Tersangka Ke JPU (Tahap II). (Rahmad Wahyudi)