Pilkada Depok Panas Duluan Gegera Isu Pelecehan

oleh -92.489 views

IDUL FITRI

Jakarta I Realitas – Pilkada Depok Panas Duluan Gegera Isu Pelecehan.

Pilkada Depok sudah panas duluan sebelum masuk masa kampanye. Pemantiknya gegara isu pelecehan.

Adalah calon Wakil Wali Kota Depok Afifah Alia yang mengungkapkan dugaan pelecehan seksual secara verbal yang dialaminya dari sang rival Imam Budi Hartono. Afifah mengaku diajak sekamar oleh Imam saat melakukan pemeriksaan kesehatan di RS Hasan Sadikin, Bandung.

Afifah menceritakan kejadian itu terjadi di RS Hasan Sadikin, Bandung, pada 8 September 2020. Momen itu adalah hari pertama pemeriksaan kesehatan dan pembagian kamar untuk peserta.

Afifah menyebut saat itulah Imam Budi menyampaikan kalimat ‘sekamar sama saya saja’.

“Kamar kandidat Pilkada Depok bersebelahan, saat petugas RS menginformasikan kamar saya, tiba-tiba Pak Imam Budi melontarkan ujaran ‘sekamar sama saya saja, Bu Afifah’,” kata Afifah dalam keterangan tertulisnya, Jumat (11/9/2020).

“Saya, Afifah Alia, kandidat Pilkada Kota Depok 2020, calon Wakil Wali Kota Depok, atas pelecehan yang saya alami, saya marah, atas lontaran yang telah disampaikan oleh Imam Budi,” imbuhnya.

Afifah bukan cuma disaksikan oleh Imam Budi. Melainkan ada Idris. Idris, kata Afifah, yang malah terpingkal-pingkal saat Imam Budi melontarkan ‘sekamar sama saya saja’.

“Saat itu saya merasa geram, saya sangat marah, namun saya memilih diam. Saya sedang mempersiapkan diri untuk pemeriksaan kesehatan yang berlangsung selama dua hari. Tidak ada tim yang mendampingi saya, karena peraturan mengharuskan masing-masing paslon tidak didampingi,” ucap Afifah.

Afifah baru mengungkapkan kejadian ini lantaran pemeriksaan kesehatannya sudah selesai. Dia tak terima jika frasa ‘sekamar sama saya’ itu dianggap candaan belaka oleh Imam Budi.

“Candaan yang mengandung pelecehan. Apa maksudnya melontarkan ‘sekamar sama saya saja, Bu Afifah’ ketika pembagian kamar isolasi bagian dari prosedur pemeriksaan kesehatan paslon. Di rumah sakit,” ucap Afifah.

Dia mengaku dulu di-bully karena tampilan wajah, ber-makeup dan tidak ber-makeup, dan kini dilecehkan karena dirinya perempuan. Afifah, yang merupakan Wakil Ketua Bidang Perempuan dan Anak PDIP Depok, mengaku paham dengan perasaan perempuan yang dilecehkan.

Imam Budi pun angkat suara. Imam Budi Hartono, yang diusung PKS, menegaskan tak pernah bermaksud melecehkan Afifah Alia.

Pada saat itu, kata Imam, dia berniat mencairkan suasana antar paslon.

“Yang saya maksud Afifa itu panggilan cucu saya, bukan beliau,” kata Imam Budi Hartono kepada wartawan.(Dtc/Red)