Fokus Menekan Penyebaran Pandemi Covid-19, Kelurahan Kampung Baru Bagikan Masker dan Sembako

oleh -153.489 views

IDUL FITRI

Pekanbaru I Realitas – Perkembangan Kasus konfirmasi pasien positif Covid-19 di kota Pekanbaru semakin meningkat hari demi hari, upaya pemerintah pun dalam menekan angka penyebaran virus mematikan tersebut sudah sangat serius.

BACA JUGA :   Mahasiswa KKN Universitas Malikussaleh, Gelar Demo Cuci Tangan Bersama Anak TK Asuhan Pertiwi Keude Mane

Mulai dari himbauan dan sosialisasi berupa melalui media sosial serta penyampaian langsung kepada masyarakat dalam menjalankan dan menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari penyebaran wabah Covid-19, seperti selalu memakai masker ketika diluar rumah, selalu mencuci tangan setiap saat, menjaga jarak, menghindari kerumunan, selalu berolahraga dalam meningkatkan daya tahan tubuh, dan lain sebagainya.

BACA JUGA :   Kasat lantas Polres Batu Bara, Langsung Pimpin Yustisi, Berikan Sanksi 6 Orang

Bahkan baru-baru ini, pemerintah Kota Pekanbaru juga mengambil tindakan tegas yang bertujuan untuk mendisplinkan masyarakat dengan mengeluarkan keputusan bersama berupa Peraturan Walikota (Perwako) yang mengatur sanksi/denda bagi masyarakat yang tidak menggunakan masker.

BACA JUGA :   Creavest 2020, Kolaborasi Pertunjukan Virtual Seni Budaya Dan Ekonomi Kreatif

UPDATE CORONA

Menanggapi situasi dan kondisi yang terjadi saat ini, unsur jajaran di pemerintah Kelurahan Kampung Baru Kecamatan Senapelan pada Sabtu (19/09/2020) Siang melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke lingkungan RT/RW mendatangi warga untuk menyampaikan arahan serta pemahaman penerapan protokol kesehatan.

Sebelum menjelaskan secara lengkap dan terinci informasi perkembangan penyebaran wabah Covid-19 kepada warga sekitar Lurah Kampung Baru Yeni Erita S.Sos didampingi oleh Ketua LPM, Ketua Forum RT/RW dan babinsa serta babinkamtibmas memberikan bantuan sembako bagi keluarga yang terdampak akibat Covid-19.

“Kita sangat prihatin dengan situasi saat ini, dilingkungan kita saat ini juga terdapat beberapa keluarga rumah tangga yang tidak bisa beraktivitas mencari nafkah untuk mencukupi kebutuhan hidupnya. Semoga bantuan yang telah kita berikan ini dapat berguna dan bermanfaat,” Ujar Lurah Yeni.

Ia pun juga mengajak kepada seluruh masyarakat agar dapat mengedepankan sikap toleransi serta rasa kebersamaan antar sesama dalam menghadapi permasalahan pandemi Covid-19 yang dapat mengancam jiwa siapa saja tanpa memandang strata kehidupan satu dengan lainnya.

“Marilah kita bersama-sama membangun kondisi yang harmonis di setiap lingkungan, tingkatkan rasa kebersamaan dan kekeluargaan dalam menjalani situasi saat ini. Apabila ada diketahui warga yang terpapar virus Covid-19, janganlah kita jauhi atau mengucilkannya.

Bantu mereka dengan memberikan semangat selalu, apabila ada sedikit rezeki bantu juga memenuhi kebutuhan mereka selama dalam masa penyembuhan.

Kita berdo’a selalu agar masyarakat di wilayah Kelurahan Kampung Baru dalam keadaan sehat dan terhindar dari malapetaka,” Harapnya.

Selain pembagian sembako bagi warga yang terdampak, Lurah beserta perangkatnya juga membagi-bagikan masker kepada setiap masyarakat dengan berjalan mendatangi rumah ke rumah sembari menyampaikan himbauan dan pesan berupa masker ku dapat melindungi mu, masker mu dapat melindungi ku.

“Untuk sosialisasi penggunaan wajib masker hari ini masih kita berikan arahan kepada warga yang tidak mematuhi protokol kesehatan.

Namun, apabila sudah kita peringatkan masih juga tidak mau menggunakan masker maka dengan tegas akan kita terapkan pemberlakuan Perwako Perwako 104 tahun 2020 yang mengatur tentang Perilaku Hidup Baru (PHB) masyarakat produktif dan aman dari Covid-19, serta pemberlakuan sanksi berupa denda 250.000 atau sanksi kerja sosial,” Ujar Lurah Yeni.

Dengan selalu memberikan sosialisasi serta pemahaman kepada setiap masyarakat untuk memutuskan mata rantai penyebaran wabah Covid-19, diharapkan wilayah kota Pekanbaru bisa masuk pada fase zona aman serta dapat lebih baik lagi kedepannya. *(Mirza)