Cegah Pelangaran, Korem 031/WB Gelar Penyuluhan Hukum Bagi Prajurit

oleh -95.489 views

IDUL FITRI

Pekanbaru I Realitas – Cegah Pelangaran, Korem 031/WB Gelar Penyuluhan Hukum Bagi Prajurit.

Bertempat Di Aula Wiratama Korem 031/Wira Bima Jalan Mayor Ali Rasyid No 1 Pekanbaru, Korem 031/Wira Bima menggelar kegiatan Penyuluhan Hukum bagi Prajurit dan PNS Korem 031/Wira Bima.

Kegiatan penyuluhan yang pengacu pada protokol kesehatan Covid 19 tersebut, mengambil tema “Penegakan Hukum Dimulai Dari Penyuluhan Hukum Yang Bertujuan Mencegah Dan Meminimalisasi Terjadinya Pelanggaran Hukum” dan dibuka oleh Komandan Korem 031/Wira Bima Brigjen TNI M Syech Ismed SE MHan yang diwakili oleh Kepala Seksi Personel (Kasipers) Korem 031Wira Bima Letkol Caj Paham Priyono SE MM, Senin (14/09/20).

Danrem diawal sambutannya yang dibacakan oleh Kasipers, mengucapkan “Selamat Datang” kepada Tim Penyuluhan Hukum Dari Kumdam I/Bukit Barisan Mayor Chk H P Butar Butar SH MH yang akan memberikan pengetahuan hukum kepada prajurit di jajaran Korem 031/Wira Bima.

Lebih lanjut menurut Danrem dalam sambutannya, kegiatan ini sangat penting dilakukan karena kejadian akhir-akhir ini banyak oknum keluarga besar TNI yang terjerat pasal penyalahgunaan ITE (berkomentar, memposting dan menyebarkan berita hoax), penyalahgunaan Narkoba, desersi, perkelahian TNI-Polri, permasalahan keluarga dan LGBT serta pelanggaran lainnya.

“Tekait dengan hal itu, maka penyuluhan hukum di lingkungan TNI-AD khususnya Korem 031/Wira Bima sangat perlu dilakukan secara berlanjut, konsisten dan konsekuen agar prajurit memahami tentang hukum baik yang tertulis dalam KUHP, KUHPM, UU ITE dan hukum disiplin lainnya sehingga terhidar dari pelanggaran hukum,” Tutur Danrem.

Pada kesempatan tersebut, Danrem juga menekankan kepada seluruh peserta untuk mengikuti penyuluhan dengan sebaik-baiknya dan apabila ada yang belum jelas agar ditanyakan.

“Dengan adanya penyuluhan hukum ini, kedepan tidak ada lagi prajurit yang terlibat maupun melibatkan diri dengan masalah hukum yang dapat merugikan diri sendiri, merusak citra TNI pada umumnya dan satuan Korem 031/Wira Bima pada khususnya,” Tegas Danrem.

Kegiatan tersebut diikuti oleh perwakilan Perwira, Bintara, Tamtama, dan PNS jajaran Korem 031/WB serta Satuan Dinas Jawatan Korem 031/WB.

Diakhir kegiatan tampak Tim Penyuluh Hukum Kodam I/BB Mayor Chk H. P. Butar Butar. S.H., M. H. memberikan cindra mata berupa buku kepada Korem 031/WB yang diterima oleh Letkol Caj Paham Priyono S.E., M.M, dan ditutup dengan sesi Foto Bersama. *(mirza)