IKLAN YARA

Banyak Napi Bawa Ponsel dan Senjata Tajam di Rutan Makassar

oleh -159.489 views
UPDATE CORONA

MAKASSAR I Realitas – Banyak Napi Bawa Ponsel dan Senjata Tajam di Rutan Makassar.

Ratusan ponsel berbagai merek dan sejumlah senjata tajam milik narapidana di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Makassar dimusnahkan usai upacara HUT ke-75 RI, Senin (17/8/2020) kemarin. Langkah ini dilakukan untuk meminimalisasi dugaan peredaran narkoba.

Kepala Rutan Makassar, Sulistyadi mengatakan, barang-barang ini merupakan sitaan petugas hasil razia periode Januari – Agustus 2020. Sebagian besar merupakan alat komunikasi berupa ponsel.

BACA JUGA :   Kapolri Sikap Tegas 11 Perintah Ini

“Ponsel dimusnahkan, karena tidak boleh digunakan di dalam rutan. Kami sudah siapkan sarana komunikasi khusus bagi warga binaan di sini,” kata Sulistyadi di Kota Makassar, Sulsel, Senin kemarin.

Adapun barang-barang yang dimusnahkan antara lain, 178 ponsel, 18 bilah pisau, dua unit gunting, tiga tiga speaker, sembilan unit kipas angin, 125 unit pengisi baterai ponsel serta 17 unit headset.

BACA JUGA :   Dilecehkan, Wagub LSM LIRA Riau Datangi PT RFB Minta Klarifikasi

Dia mengakui, petugas kecolongan mewaspadai masuknya ponsel dan sejumlah barang yang dibawa napi ke dalam rutan. Padahal selalu ada pemeriksaan barang setiap kali ada warga binaan baru atau mereka yang mendapat kunjungan dari keluarga dan tamunya.

“Mereka (warga binaan) berusaha bisa mendapatkan hal yang diinginkan. Kami juga dalami dugaan keterlibatan petugas. Kalau ketahuan, ada sanksi hukum sampai pemecatan,” ujar dia.

Sulistyadi mengatakan, petugas di Rutan Makassar selalu melakukan pengawasan secara ketat dan rutin seluruh blok untuk mewaspadai peredaran narkoba dari atau di dalam lapas.

“Kami selalu bersikap waspada terhadap hal-hal tersebut, meskipun terlihat tenang tapi kami selalu waspada. Bila ditemukan langsung ditindak tegas,” ujarnya.(IN/Red)