Kodam XII/Tpr Serahkan APD Dan Masker Bantuan Kemenkes RI

oleh -10.201 views

IDUL FITRI

Pontianak I Realitas – Kodam XII/Tanjungpura menyerahkan Alat Material Kesehatan (Almatkes) berupa Alat Pelindung Diri (APD) dan Masker bantuan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dalam rangka penanganan wabah Covid-19 di wilayah Kodam XII/Tpr. Yaitu untuk Provinsi Kalimantan Tengah dan Provinsi Kalimantan Barat.

Untuk di wilayah Kalimantan Tengah penyerahan bantuan APD dan Masker dari Kemenkes RI kepada Dinas Kesehatan Prov. Kalteng dilaksanakan di Bandara Tjilik Riwut Palangkaraya. Yang diserahkan oleh Danrem 102/Pjg, Kolonel Arm Syaiful Rizal kepada Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng, Dr. Suyuti Syamsul, M.Kes.

Sedangkan untuk di wilayah Kalimantan Barat bantuan diserahkan oleh Aslog Kasdam XII/Tpr, Kolonel Kav Josafat M.R. Duka, S.IP kepada Kepala Dinas Kesehatan Prov Kalbar, Dr. Harisson, M.Kes., di Kantor Dinkes Prov. Kalbar Jl. D.A. Hadi No.7, Akcaya, Kota Pontianak.

Demikian disampaikan Kapendam XII/Tpr, Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe, S.Sos., dalam keterangan kepada awak media di Media Center Kodam XII/Tpr, Jalan Teuku Umar, Kota Pontianak, jum’at (10/04/2020).

Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe, S.Sos., menjelaskan bantuan 10.000 pcs (200 koli) APD dan 3.000 pcs (3 koli) Masker dari Kemenkes RI untuk Prov. Kalteng tiba di Bandara Tjilik Riwut sekira pukul 10.35 WITA dengan menggunakan pesawat TNI AU jenis Hercules C-130.

“Selanjutnya bantuan di bawa ke gudang Dinas kesehatan Prov. Kalteng Jl. Yos Sudarso No.9 Menteng, Kota Palangkaraya dengan menggunakan 3 kendaraan dinas (Randis) TNI AD, 2 Randis Dinkes Prov. Kalteng dan 1 Randis Dinsos Prov. Kalteng,” jelasnya.

Lanjutnya menjelaskan, untuk di Prov. Kalbar bantuan tiba di Bandara Lanud Supadio pukul 13.50 WIB dengan menggunakan pesawat TNI AU jenis Hercules C-130. Untuk Kalbar, Kemenkes RI memberikan bantuan sebanyak 10.000 pcs (200 koli) APD dan 6.000 Masker (3 koli).

“Setelah dilakukan serah terima dari Kagud Persediaan Lanud Supadio, Letkol Kal Hirwansyah, S.E., kepada Aslog Kasdam XII/Tpr, Kolonel Kav Josafat M.R. Duka, S.IP. langsung diangkut menuju kantor Dinkes Prov. Kalbar menggunakan 5 unit kendaraan dinas Kodam XII/Tpr,” ungkapnya.

Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe, S.Sos., mengatakan bantuan APD dan Masker dari Kemenkes RI ini akan dibagikan kepada Rumah Sakit – Rumah Sakit yang ada di Provinsi Kalbar dan Kalteng. Yang mana dalam pendistribusiannya akan diatur oleh Dinas Kesehatan masing – masing provinsi.

“Melalui bantuan berupa APD dan Masker dari Kemenkes ini diharapkan para tenaga medis di garda terdepan dapat memperoleh perlindungan yang optimal saat melakukan penanganan pasien Covid-19,” harapnya mengakhiri. (Pendam XII/Tpr)