Jokowi Gratiskan Bayar Listrik 450 VA dan Diskon 50 Persen 900 VA

oleh -38.201 views

IDUL FITRI

JAKARTA– PT PLN (Persero) mendukung penuh kebijakan pemerintah untuk membebaskan pembayaran listrik bagi 24 juta pelanggan dengan daya 450 Volt Ampere (VA). Keringanan juga diberikan kepada tujuh juta pelanggan berupa diskon 50 persen dengan daya 900 VA bersubsidi.

Keringanan biaya listrik ini akan berlaku selama tiga bulan yakni April, Mei, dan Juni 2020.

“Kebijakan pembebasan tagihan untuk pelanggan 450VA dan keringanan tarif listrik 50 persen tersebut sudah dibicarakan dan dikoordinasikan dengan PLN. Kami sangat mendukung dan siap melaksanakan kebijakan Pemerintah yang disampaikan oleh Presiden RI Bapak Joko Widodo,” tutur Direktur Utama PLN, Zulkifli Zaini, Selasa 31 Maret 2020.

Zulkfli menambahkan, kebijakan ini diharapkan dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak akibat pandemi global corona covid-19. Kebijakan pun disebut melihat kondisi perekonomian masyarakat. Program pembebasan tagihan dan keringanan pembayaran tersebut dimaksudkan untuk melindungi masyarakat yang paling terdampak.

“Saat ini masyarakat diimbau untuk tetap di rumah. Berkegiatan di rumah. Tujuannya untuk mencegah penularan yang makin luas. Pembebasan dan diskon tarif listrik ini diharapkan dapat mendukung hal tersebut. Jadi masyarakat, khususnya yang tidak mampu, tidak harus khawatir dalam menggunakan listrik selama musim yang sulit ini,” tutur Zulkifli.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo mengatakan, akan fokus pada masyarakat kecil dalam menghadapi imbas dari penyebaran virus corona atau
sovid-19. Termasuk, di antaranya, memberi gratis tarif listrik terhadap puluhan juta pelanggan.

Dalam keterangan persnya, Jokowi mengatakan gratis tarif listrik terhadap masyarakat itu adalah untuk pelanggan 450 VA. Pelanggan untuk 450 VA ini memang banyak digunakan oleh masyarakat miskin. Sehingga diharapkan, imbas covid-19 ini bisa meringankan beban mereka. Sementara itu, jelas Jokowi, pemerintah juga memberikan kelonggaran untuk pelanggan listrik 900 VA.

“Yang jumlahnya 7 juta pelanggan (900 VA) akan didiskon 50 persen. Artinya hanya separuh untuk April, Mei dan Juni 2020,” kata mantan Gubernur DKI itu.(red)