Didera Convid-19 RSUD CND Krisis Darah, Kodim Abar Bantu Donor

oleh -16.201 views

IDUL FITRI

Meulaboh | Realitas – Sejumlah Anggota TNI dari Kodim 0105 Aceh Barat bergerak cepat setelah mendapat laporan RSUD CND krisis Darah ditengah isu convid-19, Anggota Kodim 0105/Aceh Barat ikut mendonorkan darahnys untuk di sumbang ke Rumah Sakit melalu PMI.

Seperti diketahui selama ini Rumah Sakit Umum Cut Nyak Dhien terdapat stock darah kian menipis dalam menghadapi pandemi Covid – 19, Kamis (9/4/2020)

Sesuai perintah dari Komando Atas guna memenuhi ketersediaan stock darah di PMI, Kodim 0105/Aceh Barat bekerja sama dengan Unit Transfusi Darah Rumah Sakit Umum Cut Nyak Dhien menggelar donor darah. Kegiatan yang dipusatkan di Rumah Sakit tersebut melibatkan 40 personil Kodim Aceh Barat, ujar Dandim Letkol Nurul.

Dua mengaku dalam situasi seperti ini barang tentu akan mengurangi partisipasi masyarakat melakukan donor darah.

Mau tak mau berpengaruh pada ketersediaan stock darah di PMI yang mulai menipis. Sementara disisi lain, kebutuhan masyarakat akan darah masih cukup tinggi.

“Oleh karena itu, kegiatan ini penting dilaksanakan guna membantu PMI dan Rumah Sakit Cut Nyak Dhien”, ujar Letkol Kav Nurul Diyanto, S.Pd

Dandim yang akrab disapa Letkol Nurul itu menambahkan, kegiatan yang dilakukan institusinya tetap memperhatikan protokoler kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah ditengah pandemi corona dengan cara tidak berkerumun dan bergantian saat melakukan donor darah serta memperhatikan jarak antara satu dengan yang lainnya.

Kemudian yang tak kalah penting dilakukannya pengecekan HB bagi personel yang akan diambil darahnya oleh tenaga medis Instalasi Transfusi Darah Rumah Sakit Umum Daerah Cut Nyak Dhien Meulaboh.

“Dalam kegiatan donor darah ini tidak banyak melibatkan personel, karena hal hal yang berkaitan dengan Social Distancing dan Physical Distancing harus kita implementasikan dengan baik dan benar”, terang Dandim. (Wawan/Yudi)