6619 KALI DIBACA

Gelombang Mudik Saat Wabah Corona, Polisi Pacitan Sterilisasi Bus dan Penumpang

Gelombang Mudik Saat Wabah Corona, Polisi Pacitan Sterilisasi Bus dan Penumpang
UPDATE CORONA

Pacitan I Realitas – Di tengah wabah corona, justru terjadi gelombang pemudik dari Jakarta. Mengantisipasi penularan, polisi Pacitan melakukan sterilisasi. Caranya dengan menyemprotkan disinfektan baik ke armada, awak bus, maupun penumpang.

Pantauan detikcom, sedikitnya ada 3 armada bus asal Ibu Kota yang tiba di terminal bus Pacitan, Jl Gatot Subroto, Kamis (26/3/2020) malam. Ketiganya tiba pada waktu hampir bersamaan. Iring-iringan tersebut membawa penumpang sebanyak 43 orang.

Di area penurunan penumpang, belasan polisi telah bersiaga. Mereka memakai mantel hijau muda dan bemasker. Satu per satu penumpang yang turun didata. Sebelum melintas mereka juga disemprot dengan disinfektan.

“Seperti kita tahu penularan di Jakarta begitu tinggi. Oleh karena itu penyemprotan (disinfektan) kita lakukan baik kepada awak bus, penumpang maupun barang bawaan,” kata AKP Miftahul Amin, Kasatlantas Polres Pacitan di lokasi.

Selain penumpang, armada angkut juga menjadi sasaran penyemprotan. Begitu bus dalam kondisi kosong, anggota satlantas yang membawa tangki di punggung langsung menaiki bus bercat merah tersebut. Mereka lalu menyemprot seluruh bagian bus.

Kasatlantas menjelaskan upaya sterilisasi angkutan umum menjadi prosedur baku selama masa darurat corona. Hal itu akan dilakukan hingga kondisi kembali normal. Dia juga memastikan tidak ada penumpang yang lolos dari penyemprotan.

“Untuk mengantisipasi kemungkinan adanya penumpang yang turun di jalan, Bapak Kapolres memerintahkan siaga di wilayah perbatasan,” tandas Miftahul Amin seraya mengimbau warga menahan diri untuk mudik hingga pandemi berakhir.(Dtc/Red)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS