15819 KALI DIBACA

Update Terkini Siswa SMPN 1 Turi Sleman Hanyut, BPBD: 7 Tewas

Update Terkini Siswa SMPN 1 Turi Sleman Hanyut, BPBD: 7 Tewas
UPDATE CORONA

Sleman I Realitas – Proses pencarian terhadap siswa SMPN 1 Turi yang hanyutsaat susur sungai di Sungai Sempor, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) kembali membuahkan hasil. Tim SAR gabungan telah mengevakuasi satu siswa yang ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.

“Update hingga 04.20 WIB, telah ditemukan satu lagi korban meninggal dunia, sehingga total ada tujuh orang korban meninggal dunia,” kata Kepala Pelaksana BPBD DIY Biwara Yuswantana dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (22/2/2020).

Biwara menyebutkan, korban ketujuh itu bernama Faneza Dida (13). Korban terindentifikasi tadi malam. “Korban terakhir teridentifikasi pukul 23.00 WIB,” jelasnya.

Hingga pukul 07.45 WIB pagi ini, identitas tujuh siswa SMPN 1 Turi yang meninggal dunia sudah teridentifikasi semua. Mereka yakni Sovie Aulia (15), Arisma Rahmawati (13), Nur Azizah (15), Lathifa Zulfa (15), Khoirunnisa Nurcahyani Sukmaningdyah (14), Evieta Putri Larasati (13), dan Faneza Dida (13).

Diberitakan sebelumnya, kegiatan susur sungai siswa SMPN 1 Turi di Sungai Sempor, Sleman berujung duka mendalam. Para peserta hanyut saat susur sungai yang berada di Dusun Dukuh, Desa Donokerto, Kecamatan Turi tersebut.

Kepala Dusun Dukuh, Tartono (54) mengatakan pihaknya mengetahui kejadian itu dari siaran toa masjid. Dari pengeras suara itu diinformasikan ada anak yang hanyut.

“Tahunya tadi 14.30 WIB ada anak hanyut di Sungai Sempor. Kegiatan di situ murni kegiatan Pramuka SMPN 1 Turi yakni susur sungai,” ujar Tartono saat ditemui di lokasi, Jumat (21/2).

Tartono menjelaskan, saat kejadian di Dusun Dukuh belum terjadi hujan. Namun dari informasi yang dia dapat, hujan telah terjadi di wilayah atas.

“Di sini belum terjadi hujan. Tapi di atas sudah hujan,” katanya.

Basarnas Yogyakarta mendapat laporan peristiwa itu sekitar pukul 16.00 WIB. Petugas bersama tim SAR gabungan langsung menuju TKP untuk proses evakuasi dan pencarian.

Kepala Basarnas Yogyakarta, Lalu Wahyu Efendi memimpin langsung operasi pencarian. Update pada Jumat (21/2) pukul 22.30 WIB, tercatat total ada 249 siswa yang ikut kegiatan susur sungai.

“Update terbaru pukul 22.30 WIB ada total 249 siswa yang ikut. 239 siswa selamat, 6 meninggal dan 4 orang masih dinyatakan hilang,” ujar Wahyu di lokasi kejadian, Jumat (21/2) malam.(Dtc/Red)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS