18019 KALI DIBACA

Siasat Permasalahan Tanah Di Pekanbaru, Kantah ATR/BPN Gandeng Kejaksaan

Siasat Permasalahan Tanah Di Pekanbaru, Kantah ATR/BPN Gandeng Kejaksaan
UPDATE CORONA

Pekanbaru I Realitas – Kantor Pertanahan Nasional (Kantah) Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN)kota Pekanbaru melaksanakan penandatanganan perjanjian kerjasama di bidang perdata dan tata usaha negara dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) kota Pekanbaru pada Senin (03/02/20).

Perjanjian kerjasama tersebut ditandatangani oleh Kepala Kantor Pertanahan kota Pekanbaru Ronald Lumban Gaol SH, MM dan Kepala Kejaksaan Negeri Pekanbaru Andi Suharlis SH, MM.

Kegiatan tersebut disaksikan langsung oleh Wakil Gubernur Riau Brigjen TNI (Purn) Edi Natar Nasution, Kepala Kanwil Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Riau M Sahrir Ptnh, SH, MM, Kepala Kejaksaan Tinggi Riau DR. Mia Amiatib SH, MH, seluruh Kepala Kejaksaan Negeri dan Kepala Kantor BPN Kota/Kabupaten se-propinsi Riau, dan tamu undangan lainnya.

Adapun maksud perjanjian ini yaitu sebagai landasan bagi para pihak untuk melakukan koordinasi dan kerja sama pelaksanaan tugas dan fungsi dalam rangka penegakan hukum dan pemulihan aset di bidang Agraria/Pertanahan dan Tata Ruang.

“Tujuannya disini bagaimana kita bisa berkoordinasi secara langsung dengan pihak Kantor Pertanahan Pekanbaru untuk mengoptimalkan pelaksanaan kerjasama di lapangan nanti,” Ujar Kajari Pekanbaru melalui Kasi Datun Rully Afandi SH MH.

Dalam pemulihan aset tersebut, nantinya kejaksaan akan melakukan penelusuran beberapa aset yang diduga dikuasai oleh pihak-pihak tertentu.

“Kita akan melakukan penelusuran aset tersebut apabila ada laporan permohonan dari pihak kantor Pertanahan. Dan kita berharap informasi terkait data aset tersebut sesuai kenyataan yang ada, bukannya rekayasa,” Ujar Rully.

Selain itu, kerjasama dibidang permasalahan pencegahan dan pemberantasan mafia tanah juga ikut disepakati, “kita akan membentuk tim terpadu yang akan menyelesaikan permasalahan melalui gelar kasus pertanahan melalui informasi dan koordinasi yang kita terima,” Tambahnya sembari mengatakan kejaksaan akan terus bersinergi dengan pemerintah maupun instansi manapun. *(Mirza/Yudi)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS