Di Nilai Cacat Hukum, PPDI Minta Darmanyah Dibebaskan

oleh -122.489 views
Massa dari disabilitas saat malakukan di Kantor Bupati Aceh Dan Polres, Senin (3/2).(MJ)

IDUL FITRI

Aceh Barat I Realitas – Di Nilai Cacat Hukum, PPDI Minta Darmanyah Dibebaskan.

Ratusan stabilitas melakukan aksi di kantor Bupati Aceh Barat Dikawal pihak kepolisian, Satpol PP dan Polisi Syariah islam di Aceh Barat. Para masyarakat tsabilitas ini meminta rekannya di bebaskan
dikarenakan pihak kepolisian telah melakukan diskriminasi terhadap rekan sejawat, Senin (3/2/2020)

Aksi stabilitas Barat Selatan yang tergabung Persatuan penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) dalam hal ini mereka meminta pihak kepolisian untuk dibebaskan Darmansyah yang ditangkap terkait pengeroyokan wartawan di salah warung Meulaboh beberapa bulan yang lalu.

Setelah satu jam di berorasi di kantor Bupati Aceh Barat, massa bergerak ke Polres Aceh Barat dan langsung pihak keamanan melakukan pengamanan dengan menutup jalan masuk dan jalan umum dilokasi aksi tersebut dan di sambut oleh Kabag Ops Aceh Barat Kompol Pradana Aditya Nugraha.

Dan beberapa menit berorasi di Polres akhirnya massa diperboleh masuk perwakilan didalam Polres tersebut untuk melakukan koordinasi pihak Polres yang di wakili Waka Polres Kompol Edi Bagus Sumantri

Dari pantuan juga hadir Ketua PPDI Aceh, Ketua PPDI Nagan Raya, PPDI Aceh Tengah,Ketua PPDI Bener Meriah, PPDI Aceh Selatan, PPDI Abdya, PPDI Subulussalam, Singkil dan PPDI Aceh Barat.

Pasca aksi tersebut, para disabilitas Barat Selatan Aceh meminta Bupati H Ramli MS untuk mengeluarkan Rekomendasi tertulis yang tertuju kepada kapolres Aceh Barat, agar pihak penegak hukum paham tentang UU No 8 tahun 2016 dan PP 70 tahun 2019.

Koordinator Aksi disabilitas T Erizal mengatakan kepada sejumlah wartawan, Aksi yang dilakukan masyarakat disabilitas bentuk solidaritas terhadap Darmansyah alias (Mancah) yang ditahan pihak kepolisian atas dugaan pengoroyok Jurnalis.

Menurut koordinator Aksi T Erizal, proses penangkapan dan penahanan diduga cacat hukum

“Kami mendesak kapolres Aceh Barat untuk segera melepaskan saudara Darmansyah, karena proses penangkapan dan penahanan nya diduga cacat hukum,”tegasnya

Kabag hukum Setdakab Aceh Barat Mawardi menyambut baik kedatangan massa dan apa yang disampaikan, akan kami terima itu adalah ranah kepolisian dan kami tidak bisa berbuat apa-apa.

Mawardi menambahkan, tentunya adanya laporan dan mereka lakukan penyidikan yang berdasarkan peraturan dan Undang-undang Kami tidak bisa melakukan proses karena itu hak kepolisian dalam penyelidikan,”tambahnya.

Sementara Asisten I bagian Pemerintah Setdakab Aceh Barat Mirsal akan ini nantinya akan memfasilitasi hukum kepada yang bersangkutan dan hasil ini nanti akan kita sampaikan kepada Bupati.

Ketua PPDI Aceh Hamdani didampingi PPDI Nagan Raya Ali menegaskan kami sangat kecewa hukum yang ini karena tidak menangkap orang yang cacat apalagi tangannya yang tidak bergerak sama sekali. (MJ/Yudi)