14419 KALI DIBACA

Zidam XII/Tpr Gelar Pelatihan Wisata Matematika Bela Negara

Zidam XII/Tpr Gelar Pelatihan Wisata Matematika Bela Negara
example banner

Kubu Raya I Realitas – Zidam XII/Tpr Gelar Pelatihan Wisata Matematika Bela Negara.

Senin (13/1/2020) Dalam rangka menumbuhkan rasa cinta tanah air dan
persatuan bangsa serta membentuk generasi muda berkarakter, Zeni Daerah Militer XII/Tanjungpura menggelar Pelatihan Wisata Matematika Bela Negara, yang diikuti sebanyak 58 Siswa-siswi SMP Kemala Bhayangkari bertempat di Aula Mazidam XII/Tpr, Kubu Raya.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kazidam XII/Tpr, Kolonel Czi Sukamdi diwakilkan Kasi Tuud Zidam XII/Tpr, Mayor Czi Joko Marsudi. Adapun sebagai pemberi materi Letda Czi DH. Butar Butar.

Dalam sambutanya yang disampaikan Kasi Tuud Zidam XII/Tpr mengatakan, kepada siswa-siswi peserta pelatihan wisata matematika bela negara diharapkan dapat memahami karakter bela negara melalui pendekatan berfikir Suprarasional, dengan tujuan memberikan pengalaman baru dan pengetahuan.

Disamping itu memupuk, meningkatkan rasa cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara serta rasa kebangsaan dikalangan generasi muda,” ujarnya.

“Dengan diselenggarakan kegiatan ini diharapkan kepada para peserta manfaatkan waktu sebaik mungkin, sehingga dapat memahami tentang pelatihan wisata matematika bela negara dengan baik,” jelas Kazidam XII/Tpr.

Sedangkan Letda Czi DH. Butar Butar dalam materinya menyampaikan, karakter bela negara adalah sebagai poros pendidikan yang meliputi Religius, Gotong Royong, Mandiri, Integritas dan Nasionalis.

Bela negara merupakan sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, dalam menjalin kelangsungan hidup bangsa dan negara yang seutuhnya.

Lanjutnya, berfikir Suprarasional adalah berfikir dengan menggunakan hati sehingga mempertimbangkan hal-hal yang tidak kasat mata, tidak terindera oleh panca indera atau hal yang gaib. Adapun contoh aktivitas 3 antena manusia seperti panca indera, akal dan hati,” terangnya.

Dalam kegiatan tersebut dilanjutkan permainan matematika bela negara bentuk kelompok, pengenalan bongkar pasang senjata dan PBB. (Pendam XII/Tpr)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS