39919 KALI DIBACA

Senkom DKI Jakarta Jaga Kamtibmas dan Peduli Kebencanaan

Senkom DKI Jakarta Jaga Kamtibmas dan Peduli Kebencanaan
M.Rusdi, Sekretaris Senkom DKI Jakarta bersama Kapolres Jakarta Utara beserta jajaran TNI dan Polri
UPDATE CORONA

Jakarta I Realitas – Senkom DKI Jakarta Jaga Kamtibmas dan Peduli Kebencanaan.

Sentra Komunikasi (Senkom) Mitra Polri yang beranggotakan masyarakat umum yang ingin berperan dalam membantu menginformasikan dan membantu pengamaman lingkungan sekitarnya atau dimana saja berada, serta memberikan informasi kepada masyarakat tentang pentingnya pengamanan swakarsa dilingkungan masing-masing, sebagai wujud bela negara dengan semangat patriotisme dan nasionalisme dalam wadah NKRI.

Senkom beranggotakan masyarakat umum siap menjalin komunikasi dengan jajaran kepolisian di tingkat Polsek, Polres maupun Polda, dalam upaya menjaga Kamtibmas.

Untung Maulana, Ketua Senkom DKI Jakarta bersama Kapolri, Idham Aziz

 

Dki Jakarta sendiri yang merupakan pusatnya, Senkom perannya sangat berarti, termasuk ikutnya Senkom dalam membantu pengamanan oleh Polri dalam operasi lilin jaya momen Natal dan Tahun Baru.

Untung Maulana, Ketua Senkom DKI Jakarta, pada Jumat, (03/01/2020) dalam wawancara terkait bencana banjir di pergantian tahun menjelaskan keberadaan Senkom Mitra Polri DKI Jakarta maupun skala Nasional khususnya, peran serta Senkom dalam membantu menghadapi peristiwa banjir yang terjadi pada awal tahun baru, Senkom dengan sendirinya bergerak, karena Senkom juga memilki relawan bidang kebencanaan.” pungkas Untung.

Sementara itu Sekretaris Senkom DKI Jakarta, M.Rusdi, menyampaikan bahwa Senkom selain Kamtibmas juga ada di bidang kebencanaan.

Apalagi bulan Januari ini yang rawan hujan lebat dan banjir, menurutnya, dalam setiap menghadapi kebencanaan, seperti bencana banjir, longsor dan angin puting beliung, anggota Senkom Mitra Polri yang terdekat dengan lokasi kejadian itu langsung mengkomunikasikannya dengan instansi terkait.

Di antaranya dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) serta dengan Polsek setempat.

M.Rusdi, Sekretaris Senkom DKI Jakarta bersama Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Pol Budhi Herdi Susianto

“Yang jelas, Senkom Mitra Polri Bidang Kebencanan selalu siaga dan selalu koordinasi dengan BPBD menggunakan radio jaringan komunikasi dalam setiap menghadapi kebencanaan” tegas M.Rusdi.

Senkom Mitra Polri yang didirikan sudah cukup lama, fokusnya sebenarnya pada kegiatan sosial, tetapi dalam kiprahnya di lapangan kami lebih fokus pada bidang komunikasi dalam membantu masyarakat luas.

Contohnya, dalam kebencanaan dengan ruang lingkup nasional tadi, bisa turut serta membantu dalam komunikasi, disaat ada kejadian banjir, kita membantu BPBD dalam upaya memfasilitasi kebutuhan komunikasi. Termasuk membantu Polres dalam berbagai kegiatan,” ungkap Rusdi. (Johny RioB/Yudi)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS